Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen

Diposting pada

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen di zaman modern ini sudah sangat mudah. Tentunya hal ini sangat berbeda kala zaman masih mengandalkan mesin ketik atau non-internet. Dan berikut ini akan dibeberkan bagaimana tipsnya.

Yah. Di periode yang serba hebat seperti sekarang ini, orang dapat mendapatkan uang dengan cara gampang cukup dengan memercayakan kekuatan, ketrampilan, atau kemampuan yang dipunyainya. Satu diantaranya yaitu kekuatan, ketrampilan, atau kemampuan menulis. Bila jaman dahulu menulis cuman jadi kekuatan yang tidak terasah, saat ini malah bisa saja kebun penghasilan.

Lihat Juga aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang

Aplikasi menulis cerita yang menghasilkan uang, cara mendapatkan uang dari menulis novel, menulis di koran dapat uang, cara mendapatkan uang dari menulis di wattpad, cara mendapatkan uang di webnovel, blog menulis cerpen,cara menulis di innovel, menulis dapat uang 2021

Satu diantaranya yaitu mendapatkan uang dari menulis. Orang pasti tertarik mendapatkan cara mendapatkan uang dari menulis cerpen. Dan sekarang ini, peristiwa itu tidak asing serta beberapa orang yang mempunyai kekuatan dan ketrampilan menulis dapat hasilkan penghasilan yang tidak kalah besar dari karyawan kantoran.

Bila Anda mempunyai kekuatan atau ketrampilan menulis dan ingin salurkan kekuatan atau ketrampilan itu, Anda dapat ikuti beberapa cara yang hendak diberi berikut ini. Dengan begitu, Anda dapat ketahui bagaimana cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan memercayakan kekuatan dan ketrampilan.

7 Cara Mendapatkan Uang dari Menulis Cerpen

Cara-Mendapatkan-Uang-Dari-Menulis-Cerpen

Berikut cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang dapat Anda coba:

1. Kirim Cerpen ke Majalah dan Koran

Cara yang termudah dilaksanakan penulis supaya tulisan cerpennya hasilkan pendapatan adalah dengan mengirimi cerpen itu ke majalah atau koran. Tidak cuman di jaman seperti sekarang ini saja, cara ini benar-benar dihandalkan oleh penulis bahkan juga siswa semenjak jaman dulu.

Jaman dulu, banyak majalah atau koran yang terima tulisan dari kontribusi, baik tulisan untuk esai, cerpen, puisi, dan lain-lain dan sebagai imbalannya, jika kreasi kontribusi atau penulis itu termuat, maka diberi animo berbentuk uang. Rupanya cara ini masih dilaksanakan sampai sekarang ini.

Lihat Juga kirim puisi online dapat uang 2021

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirimi cerpen ke majalah atau koran ini masih dilaksanakan di sejumlah majalah, koran, atau media lokal atau nasional. Beberapa majalah, koran, atau media yang dapat terima tulisan berbentuk cerpen yakni: (1) Republika, (2) Kompas, (3) Jawa Pos, (4) Media Indonesia, dan (5) Tempo.

Berikut adalah cara mengirimi dokumen cerpen ke beberapa media di atas hingga Anda dapat mendapatkan uang dari hasil karya tulis yang telah Anda catat.

a. Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen Melalui Republika

Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen bisa melalui Republika. Ini adalah sebagai salah satunya media di Indonesia yang dapat terima cerpen kiriman dari pembaca dan memberi imbalan berbentuk gaji. Hingga untuk Anda yang mempunyai kekuatan atau ketrampilan menulis cerpen, Anda dapat mengirimkan hasil tulisan cerpen yang mempunyai nilai dan kualitas baik ke Koran Republika.

Walau kelihatannya gampang, redaksi Republika ini termasuk sangatlah selective saat menentukan tulisan, hingga tulisan yang Anda menghasilkan harus betul-betul berkualitas dan baik. Oleh karenanya, ada banyak pemikiran yang umumnya dilaksanakan oleh redaksi untuk mengupload atau menerbitkan tulisan atau hasil kreasi yang bagus dan berkualitas.

Berikut adalah point utama yang penting jadi perhatian penulis yang ingin mengirimi cerpen ke Koran Republika supaya bisa lolos dan dipublikasikan.

  • Penulis harus mempunyai konsentrasi untuk membuat atau mengirimi cerpen yang konservatif atau uji cobatal dengan topik bebas, tetapi dengan memakai pendekatan Islami atau mempunyai semangat agama Islam.
  • Karena Koran Republika mempunyai ideologi Islam Kosmopolitan, karena itu umumnya redaksi tidak berisi tulisan yang memiliki kandungan elemen mempromokan kreasi yang memiliki sifat estetik atau tematik dan bertolak-belakang dengan tuntunan Islam.

Walau termasuk susah, tapi bayaran yang diberi oleh Koran Republika untuk penulis yang tulisannya sukses termuat cukup menarik. Bayaran yang hendak diberi sekitaran Rp300 ribu sampai Rp400 ribu rupiah tiap tulisan atau tiap cerpen yang termuat.

Bila tertarik untuk coba peruntungan dalam mengirimi dokumen cerpen kreasi Anda, Anda dapat mengirimkan tulisan Anda ke redaksi republika lewat e-mail: sekretariat@republika.co.id.

b. Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen Melaui Kompas

Selainnya Koran Republika, Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen bisa melalui media di Indonesia. Media satu ini juga adalah yang terima cerpen dari pembaca adalah Kompas. Selainnya cerpen, situs atau redaksi Kompas malah terima karya tulis atau tulisan yang bertambah luas kembali. Misalkan kreasi puisi, dongeng, atau bahkan juga artikel atau esai. Tulisan yang bagus dan penuhi persyaratan maka termuat di harian Kompas atau situs Kompas.

Lihat Juga menulis artikel dibayar daripada nulis tak pernah dibaca orang

Tidak kalah dari Republika, Kompas akan memberikan honor yang lumayan tinggi untuk penulis yang mengirimi tulisannya ke Kompas. Untuk cerpen, penulis dapat mendapatkan honor capai Rp1.400.000 juta untuk satu cerpen opsi yang termuat. Disamping itu untuk tulisan puisi, honor yang diterima penulis capai Rp550.000.

Dan untuk tulisan berbentuk dongeng yang sukses diputuskan dan termuat di Kompas, penulis memiliki hak mendapatkan honor capai Rp150.000. Bagaimana, menarik kan? Kompas akan memberi bayaran ke penulis yang tulisannya sukses diputuskan dan dipublikasikan pada tengah bulan.

Untuk Anda yang tertarik mengirimi kreasi baik cerpen, puisi, atau bahkan juga dongeng ke Kompas, Anda dapat mengirimkan kreasi ke e-mail: nusantarabertutur@gmail.com.

c. Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen Melalui Jawa Pos

Koran atau media di Indonesia yang lain yang terima tulisan dari luar yaitu Jawa Pos. Redaksi yang cukup terkenal di Indonesia ini berisi beragam informasi dalam negeri, baik informasi terbaru atau news, isu aktris, kesehatan, dan lain-lain. Jawa Pos sering berisi cerpen yang memiliki sifat melipur pembacanya.

Cerpen itu didapat dari penulis terlepas di luaran. Hingga bila Anda ingin mengirimi kreasi cerpen ke koran, Jawa Pos dapat menjadi opsi. Tidak cuman cerpen saja, Jawa Pos terima tulisan berbentuk resensi buku, terhitung puisi. Oleh karenanya, salah satunya cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dapat atau bisa didapat di Jawa Pos.

Untuk kreasi yang sukses termuat di Jawa Pos, karena itu penulis akan mendapatkan honor sekitaran Rp925.000 sampai Rp1.000.000 untuk cerpen. Dan untuk kreasi puisi atau resensi buku, penulis dapat mengantongi honor mulai Rp700.000 sampai Rp725.000.

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen di Jawa Pos ini dapat menjadi opsi dari jumlahnya koran atau media yang terima tulisan. Dan pembayarannya umumnya akan diberi sesudah dua minggu atau 14 hari tulisan itu termuat di media Jawa Pos.

Lihat Juga platform menulis yang dibayar

Untuk Anda yang tertarik mengirimkan tulisan, baik itu cerpen, puisi, atau resensi buku, langsung bisa mengirimi kreasi Anda ke sejumlah e-mail redaksi ini, yakni: editor@jawapos.co.id, ariemetro@yahoo.com, atau ke e-mail ari@jawapos.co.id.

d. Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen Melalui Media Indonesia

Koran atau mass media yang lain bisa saja cara mendapatkan uang dari menulis cerpen adalah Media Indonesia. Dengan mengirimi karya tulis, baik itu cerpen atau kreasi sastra lain berbentuk puisi, dongeng, atau kreasi lain, Anda dapat mendapatkan honor saat kreasi itu dipilih dan termuat di Media Indonesia.

Sama seperti dengan di beberapa media lain, salah satunya hal yang perlu jadi perhatian supaya kreasi Anda termuat adalah keaslianan kreasi. Maknanya, kreasi yang diterima dan dipublikasikan selainnya harus penuhi persyaratan yang ditetapkan harus juga bebas dari plagiasi dan tidak pernah dipublikasi ke media lain berbentuk apa saja.

Untuk kreasi yang termuat di Media Indonesia, penulis akan mendapatkan honor capai Rp705.000 untuk cerpen, dan untuk kreasi lain berbentuk puisi, penulis akan mendapatkan honor capai Rp625.000 untuk satu kreasi yang diputuskan dan termuat di Media Indonesia.

Anda yang ingin coba mengirimkan hasil kreasi atau tulisan Anda, dapat mengirimkan cerpen ke redaksi Media Indonesia dengan mengirimi dokumen atau tulisan ke cerpenmi@mediaindonesia.com.

Dan untuk kreasi yang lain berbentuk puisi atau kreasi selainnya cerpen, dapat dikirimkan ke surat electronic atau e-mail Media Indonesia puisi@mediaindonesia.com atau ke surat electronic alternative yakni miweekend@mediaindonesia.com.

e. Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen di Tempo

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan mengirimi ke koran seterusnya yaitu lewat Majalah Tempo. Tempo sebagai salah satunya media yang terkenal di Indonesia dan terima tulisan dari luar dan akan memberikan honor ke penulis yang tulisannya. dipilih.

Tempo tawarkan honor capai Rp750.000 untuk cerpen yang dipilih dan kreasi lain, misalkan puisi akan mendapatkan honor Rp600.000 untuk kreasi yang dipilih dan termuat di harian Tempo. Selainnya cerpen dan puisi, Tempo terima kreasi lain berbentuk resensi buku yang bila tampil akan dipandang sejumlah Rp700.000 untuk kreasi yang dipilih.

Anda dapat mengirimi hasil kreasi tulisan Anda, baik kreasi cerpen, puisi, atau resensi buku ke surat electronic Tempo yakni sastra@tempo.co.id.

2. Buat Buku Kelompok Cerpen

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang seterusnya yaitu dengan membuat buku kelompok cerpen. Dengan menulis buku kelompok cerpen, karena itu penulis mendapatkan hak cipta yang syah dan saat buku kelompok cerpen itu termuat dan menggamit penerbit, karena itu penulis akan mendapatkan keuntungan.

Umumnya, beberapa penulis yang telah mengirimkan cerpennya ke beragam media bikin atau media digital dapat kumpulkan kelompok cerpennya dan jadi satu buku selanjutnya diciptakan dan dipublikasi secara berdikari atau self-publish. Penulis juga bisa menggamit penerbit dan melaunching buku kelompok cerpennya itu.

Intip Juga nulis co id dibayar tidak aktif lagi

3. Kirim Cerpen ke Situs Penulis Artikel

Disamping itu, cara mendapatkan uang dari menulis cerpen bisa juga dilaksanakan dengan mengirimi hasil kreasi sastra berbentuk cerpen yang sudah dicatat ke sejumlah situs penulis artikel. Ini umumnya dilaksanakan penulis yang malas mengeluarkan sendiri cerpennya, hingga pilih mengirimi tulisan itu ke situs penulis artikel.

Beberapa website yang dapat terima tulisan, baik cerpen, artikel, dan lain-lain adalah Vebma, Plukme, Tulisanku.co.id, atau Basabasi.co. Dengan mengirimi tulisan ke beragam situs itu, karena itu penulis akan mendapatkan honor sesuai besaran yang mereka tetapkan. Tetapi sudah pasti, tulisan yang termuat adalah tulisan yang sesuai persyaratan yang mereka tetapkan.

Walau demikian, kreasi yang dapat termuat di Vebma, Plukme, Tulisanku.co.id, atau BasaBasi.co bukan hanya kreasi fiksi saja tapi juga berbentuk kreasi non-fiksi.

4. Muat Cerpen di Blog Individu yang Terpasang Iklan

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen seterusnya yaitu dengan menulis cerpen atau kreasi sastra di blog individu punya penulis. Ini adalah cara yang termudah dilaksanakan serta lumayan menjanjikan. Namun, penulis harus membuat blog individu lebih dulu. Blog yang telah dibikin perlu diperkembangkan.

Salah satunya cara intinya yaitu dengan monetisasi dengan cara sediakan spot iklan berdikari atau mendaftarkan Google Adsense hingga tulisan yang termuat dalam blog itu mempunyai harga jual. Dengan begitu, kreasi yang termuat baik cerpen atau karya tulis lain tidak sekedar hanya bisa salurkan hoby saja tapi juga mendapatkan bayaran yang tepat.

Untuk blog yang mempunyai iklan berdikari, memang bayarannya tidak sebesar mengirimkan kreasi ke mass media atau ke majalah, dan lain-lain. Umumnya penulis mulai mendapatkan honor mulai dari Rp20.000 saja. Namun bila stabil menulis dan banyak memiliki kreasi yang banyak dibaca, karena itu penghasilan dari blog lumayan menjanjikan.

5. Buat e-Book Kelompok Cerpen

Sama seperti seperti membuat buku kelompok cerpen barusan, jika penulis dapat kumpulkan beragam kreasinya pada sebuah folder, dan dipublikasi baik diciptakan dengan wujud buku atau jadi e-Book yang berisi kelompok cerpen. Dengan begitu, beragam kelompok cerpen itu dapat menjadi buku electronic yang mempunyai harga jual. Ini adalah salah satu Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen yang paling simple.

Apa lagi sekarang ini e-Book benar-benar berkembang di jaman digital dan disukai beberapa orang. Hingga bisa saja, kelompok cerpen yang jadi e-Book itu bisa saja sumber pendapatan untuk penulis karena pembacanya lebih luas dan menolong pembaca untuk mendapatkan keringanan dalam mendapati buku kelompok cerpen tak perlu keluar dari rumah.

6. Membuka Jasa Menulis Cerpen

Anda bisa juga pilih cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dengan membuka jasa menulis cerpen. Cara ini sekarang ini banyak diperlukan, baik dari beberapa situs digital atau bahkan juga dari penerbit. Penerbit atau situs tertentu akan cari penulis cerpen terbaik dan akan berisi kreasi penulis itu ke situs atau ke buku yang hendak diedarkan.

Namun, penulis yang dipilih memang seharusnya mempunyai integritas baik dan kreasinya telah terjaga baik. Oleh karenanya bila Anda ingin membuka jasa menulis cerpen dan mendapatkan bayaran yang fenomenal, Anda harus terus latihan dan mengeksploitasi keahlian dan kemampuan menulis itu supaya bisa diputuskan jadi penulis cerpen.

7. Menulis Cerpen di Program Menulis

Cara mendapatkan uang dari menulis cerpen yang paling akhir adalah dengan menulis cerpen pada program menulis. Sekarang ini, banyak program menulis yang memberikan keuntungan penulis karena mereka akan memberikan bayaran pada penulis yang isi content dalam aplikasinya sesuai jumlahnya orang yang membaca kreasi penulis itu.

Berikut adalah beberapa program menulis narasi yang dapat menjadi opsi untuk menulis cerpen dan hasilkan penghasilan yang prospektif. Di sini juga adalah salah satu Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen. Silakan dipilih yang mana paling mudah diaplikasikan.

  • Innovel
  • Vebma
  • Plukme
  • Dreame
  • Storial.co
  • Mangatoon
  • Noveltoon
  • We Read
  • Joylada
  • WebNovel
  • Kakaopage Korea
  • Webtoon
  • Novelme

Persyaratan Menulis Cerpen yang Hasilkan Uang

Selainnya pahami apa yang dapat dilaksanakan atau cara mendapatkan uang dari menulis cerpen dari beragam hal di atas, penulis harus juga penuhi persyaratan atau persyaratan menulis cerpen yang bagus hingga tulisannya dapat hasilkan penghasilan.

Pada umumnya, berikut persyaratan supaya tulisan atau cerpen bisa secara mudah di internet dan mendapatkan uang. Jadi ada syarat Cara Mendapatkan Uang Dari Menulis Cerpen dan adalah sebagai berikut:

  • dokumen cerpen murni kreasi sendiri dan orisinal ataulah bukan hasil plagiat dari seseorang
  • tidak pernah termuat di mana saja, baik secara bikin atau digital
  • berisi narasi yang baru dan menarik
  • narasi harus munculkan rasa ingin tahu pembaca
  • pas dalam tentukan target pembaca
  • memakai tata bahasa yang sesuai sasaran atau target pembaca
  • stabil
  • on time
  • cerpen mempunyai nilai dan semangat
  • penulis harus siap terima kritikan dan anjuran berbentuk apa saja itu

Kirim cerpen ke majalah dapat uang

Kirim cerpen ke majalah dapat uang siapa sich tidak ingin. Hampir bisa dipastikan semua orang mau hasil pikiran mereka selain mendapatkan apresiasi dari pembaca juga bisa mendapatkan uang dari buah pikiran mereka tersebut. Dan berikut ini ada beberapa Alamat Redaksi yang Terima Dokumen Cerpen

Adapun untuk alamat redaksi yang terima dokumen cerpen yang hendak dibagi biasanya rasio atau tingkat nasional, tidak ada batasan waktu tertentu atau mungkin tidak ada persyaratan tertentu menganai daerah, semuanya orang dapat mengirim ke alamat redaksi ini, baik yang berada di Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, atau lain-lain.

Berikut ini adalah alamat redaksi kalau mau kirim cerpen ke majalah dapat uang

Femina Bisa Kirim cerpen ke majalah dapat uang

Majalah Femina terima dokumen cerpen dengan Honor Rp 1.000.000 dan untuk Cerbung (Narasi Berlanjut) sejumlah Rp 3.100.000. Adapun persyaratan Pengiriman cerpen majalah femina sebagai berikut;

Persyaratan Pengiriman Cerpen di Majalan Femina Di antara lain;

  • Dokumen cerpen di Catat dokumen font arial, sama ukuran 12 spasi 2.
  • Panjang dokumen cerpen yang dikirimkan ke majalan ini, adalah 12.000-15.000 CWS (sekitaran 8-10 halaman) dan cerbung sejauh 15.000-22.000 CWS (sekitaran 40 s/d 50 halaman).
  • Pengiriman harus lengkapi biodata diri dan nomor contact.
  • Pengiriman cerpen ke e-mail redkasi majalan femina , dengan contact kontak@femina.co.id
    Tabloid Genie
  • Tabloid Genie terima dokumen cerpen ke semua pembacanya, adapun honarium yang diberi seandainya diedarkan oleh Tabloid Genie adalah Rp 250.000/cerpen.

Persyaratan dan Ketetapan Pengiriman Cerpen ke Tabloid Genie Yaitu;

  • Naskan cerpen membahas mengenai kehidupan wanita atau rumah tangga.
  • Naskah cerpen sejauh 12.000 watak.
  • Cerpen dicatat dalam MS word, TNR 16.
  • Pengirim cerpen harus mengikutkan identtas asli dan alamat.
  • Tambahan dan file dikirimkan ke tabloidgenie@gmail.com
  • Subject e-mail, dapat dicatat dengan panggilan ‘Naskah Cerpen’ dan di tubuh e-mail cuman dicatat pengantarnya saja.

Majalah GoGirl Online Bisa Kirim cerpen ke majalah dapat uang

Majalan GoGirl Online terima dokumen cerpen dengan honor yang diberi adalah Rp 500.000/cerpen.

Persyaratan Pengiriman Dokumen Cerpen di GoGirl Online Yaitu;

  • Dokumen cerpen berisi kehidupan remaja dengan topik yang unik.
  • Dokumen cerpen minimum 900 kata.
  • Dokumen dicatat dalam MS word, Calibri 11, spasi 1.
  • Pengirim harus mengikutkan dentias asli dan alamat komplet dan no rekening.
  • File dan dilampiran dikirimkan ke alamat redaksi GoGirl Online metha@gogirlmagazine.com.

Majalan Bobo Bisa Kirim cerpen ke majalah dapat uang

Majalan bobo sudah wajar kita mengenalinya, majalah ini bertopik anak-anak jadi tidak khayal karena hal itu majalan bobo jadi majalan paling besar sekalian jadi rujuan untuk anak yang berada di Indonesia. Sayang kini tak eksis lagi.

Majalan bobo sejak dari berdiri sampai saat ini terima dokumen cerpen, dokumen cerpen yang dikirimkan untuk majalan bobo jika dipilih maka memperoleh honor untuk penulisnya, yaitu sekitaran Rp 250.000,00. Untuk uang honor itu dikirimkan melalui rekening.

Persyaratan dan Ketetapan Pengiriman Dokumen cerpen di Majalah Bobo Yaitu;

  • Dokumen cerpen harus dicatat rapi, singkat dan padat arti.
  • Penulisan dokumen cerpen di Majalan bobo secara umum menggunakann tipe huruf Arial 12 dan spasi 1,5.
  • Panjang dokumen cerpen minimalnya ialah 600 kata dan maksimumnya 700 kata untuk narasi 2 halaman dan 250-300 kata untuk narasi 1 halaman.
  • Cerpen yang dikirim harus asli kreasi sendiri (no plagiat) karena bila tulisan cerpen itu plagiat barangtentu dokumen kamu tidak pernah termuat.
  • Naskan cerpen jangan menyentuh kekerasan.
  • Naskah cerpen pun tidak memiliki kandungan unsure pornografi dan sara.
  • Naskah cerpen yang dikirim ke majalan bobo disesuain untuk anak-anak umur sekolah dasar.
  • Pengetikan tatakelola bahasa Indonesia yang benar dan baik, sesuai EYD
  • Pengiriman dalam majalah bobo harus mentumkan nama, alamat, nomor telephone dan nomor rekening dan nama bank (maksudnya, supaya sesudah dipublikasi akan gampang untuk dikontak).
    Setalah itu, tahapan setelah itu menyertakan biodata singkat.

Terahir, selekasnya kirimkan dokumen cerpenmu itu ke alamat e-mail majalah bobo, yaitu naskahbobo@gramedia-majalah.com atau lewat pos, ke alamat: Redaksi Majalah Bobo, Kompas Gramedia Majalah Lt 4, Jl. Panjang No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta 11530

FAQ

Bagaimana supaya tulisan kita hasilkan uang?

Adapun beberapa cara mendapatkan uang dari menulis salah satunya adalah sebagai berikut:

  • Membuka Jasa Penulis Artikel.
  • Menulis di Media Nasional.
  • Menulis di Blog Sendiri.
  • Masuk di Situs Freelancer.
  • Turut Lomba Menulis.

Apa menulis di Wattpad dapat memperoleh uang?

Biasanya penulis wattpad akan mendapatkan uang dari hasil pemasaran buku yang sudah diedarkan . Maka, selainnya menerbitkan tulisannya kea kun wattpad, penulis harus mengepak tulisannya dan dikirim ke penerbit.

Bagaimana cara menulis cerpen yang bagus?

Berikut 6 Cara Menulis Cerpen yang Baik dan Menarik

  1. Pahami dengan singkat mengenai cerpen.
  2. Membaca banyak kreasi cerpen yang populer.
  3. Buat tulisan yang penuh emosi.
  4. Persempit ulasan narasi.
  5. Judul dan narasi yang menarik.
  6. Ubah narasi cerpen.

Apa GoNovel bisa dibuktikan bayar?

GoNovel sebagai program yang berasal dari luar negeri yang bisa dibuktikan bayar pemakainya dan masih aman dipakai. GoNovel pun tidak memberatkan pemakai dengan ongkos deposit, hingga termasuk aman untuk dicoba.

Bagaimana triknya supaya narasi di Wattpad banyak yang baca?

Cara supaya narasi wattpad banyak yang baca dan vote

  • Catat deskripsi yang memikat perhatian pembaca.
  • Pandai pilih jenis tulisan.
  • Ulasan kreasi lewat web dan YouTube.
  • Masuk di komune menulis.
  • Pentingkan penulisan dengan rapi.

Sumber: Artikel ini disadur dari laman penerbitdeepublish.com

Keywoard Ideas:

  • kirim cerpen ke majalah dapat uang
  • menulis cerpen yang menghasilkan uang
  • basa basi.co
  • cerpen tempo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.