Pernyataan dibawah ini merupakan fungsi dari sebuah pernikahan kecuali

Pernyataan dibawah ini merupakan fungsi dari sebuah pernikahan kecuali… Pilih salah satunya!


  • a. Mengontrol diri dari bermacam ragam penyakit
  • b. Menjadi tempat mengaktualkan cinta-kasih
  • c. Penerus dari kehadiran keberadaan manusia
  • d. Pelindungan buat terjaganya adab e. Tempat berjalannya penanaman nilai

Jawabannya: a


Penjelasan Soal

Menurut Robert Mac Iver serta Charles Harton Page, satu diantaranya ciri-khas keluarga ialah diikat lewat perkawinan, atau wujud ikatan yang lain mengokohkan interaksi itu . Sehingga fungsi dari pernikahan dapat dijajarkan dengan fungsi dari keluarga umumnya, antara lain:


  • 1. Tempat berjalannya proses penanaman nilai (fungsi publikasi).
  • 2. Penerus dari kehadiran keberadaan manusia (fungsi biologis atau reproduksi).
  • 3. Pelindungan buat terjaganya adab (fungsi preventif atau pelindungan).
  • 4. Menjadi tempat mengaktualkan cinta-kasih (fungsi afeksional atau hati).

Baca Juga Seserahan Pernikahan Apa Saja, Ini 15 Barangnya


Pengertian Pernikahan

Nikah menurut undang undang pernikahan Republik Indonesia nomor satu tahun 1974 adalah ikatan orang peia serta wanita menjadi suami istri, yang punya tujuan membuat keluarga (rumah tangga yang bahagia serta abadi menurut ketuhanan yang Maha Esa). Secara Istilah nikah mempunyai arti janji yang menghalalkan sosialisasi di antara lelaki serta wanita yang bukan mahramnya yang memunculkan hak serta kewajiban di tiap pasangan suami istri itu.


Lihat Juga Pernyataan pernikahan dari pihak calon istri disebut


Nikah ialah kelakuan buat menghindar diri dari kelakuan zina yang besar sekali dosanya serta dilaknat oleh Allah SWT. Pernikahan mesti atas dasar rasa sama-sama sama-sama suka serta menyintai, jangan ada tekanan dalam sebuah pernikahan serta jangan naya didasarkan di hasrat semata-mata.

Baca Juga Souvenir Murah Tapi Mewah Cek Disini


Keberhasilan sebuah pernikahan dalam islam ialah dengan membuat keluarga yang sakinah yang mempunyai arti punya ketenangan jiwa, mawadah yang mempunyai arti rasa sama-sama menyintai, serta warahmah yang mempunyai arti rasa sama-sama cinta-kasih baik kepada pasangan atau anak trahya kelak.


Hukum nikah akan menjadi mesti buat mereka yang telah dapat serta siap buat melakukan pernikahan, jadi sunnah buat mereka yang telah dapat tetapi tak takut terperosok di kemaksiatan, jadi haram sebab dianya sendiri sangat percaya tidak dapat melakukan pernikahan.

Baca Juga Souvenir Murah Harga 1000 Apakah Masih Ada?


Ayat Perihal Pernikahan

Sama hal yang kita kenali jika pernikahan ialah media buat capai kesempurnaan hidup dalam melaksanakan ibadah terhadap Allah, tidak hanya itu pernikahan sebagai usaha buat melanjutkan serta turunkan angkatan islami di anak serta turunanya yang resmi.


Terdapat sejumlah ayat serta hadist yang memberi anjuran orang pria serta wanita buat kerjakan pernikahan, antara lain ialah:


An Nur ayat 32

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Wa angkiḥul-ayāmā mingkum waṣ-ṣāliḥīna min ‘ibādikum wa imā`ikum, iy yakụnụ fuqarā`a yugnihimullāhu min faḍlih, wallāhu wasiun ‘alim


Artinya: “Dan kawinkanlah beberapa orang yang sedirian antara kamu, serta beberapa orang yang patut (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki serta hamba-hamba sahayamu yang wanita. Apabila mereka miskin Allah dapat memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Serta Allah Maha luas (pemberian-Nya) kembali Maha Mengenal.”

Baca Juga Orang yang Wajib Membayar Zakat Dinamakan?


Di ayat ini allah memperjelas perintah buat menikah buat beberapa orang masih sendiri, buat wanita serta laki-laki masih bujang atau dengan status janda serta duda buat kerjakan pernikahan menjadi wujud kesempurnaan melaksanakan ibadah terhadap Allah SWT.

LIhat Juga Souvenir Pernikahan Murah Harga 1000 Rupiah


Menikah dalam ayat ini pun diperjelas jika dengan pernikahan karenanya Allah dapat memberi rahmat rizki yang luas serta dapat memampukan buat tiap mereka yang pengin bekerja giat selesai menikah, tak boleh takut menikah meski situasi ekonomi terbatas, sebab Allah menanggung dapat memberi kekuatan buat tiap hambanya yang pengin menikah.

Baca Juga Mengeluarkan zakat mal bagi yang sudah memenuhi syarat hukumnya adalah


Ar Rum Ayat 21

وَمِنْ ءَايَٰتِهِۦٓ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا لِّتَسْكُنُوٓا۟ إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَٰتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min āyātihī an khalaqa lakum min anfusikum azwājal litaskunū ilaihā wa ja’ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żālika la`āyātil liqaumiy yatafakkarụn.


Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Ia menciptakan buatmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, biar kamu condong serta terasa tenang padanya, serta dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih serta sayang. Sebenarnya di yang begitu serius ada tanda-tanda buat kaum yang berpikir.”

Baca Juga Cara Menjadi Blogger Lewat Hp


Di ayat ini memperjelas jika satu diantaranya pertanda kekuasaan Allah SWt ialah membentuk jodoh buat manusia, darimanakah yang awal mulanya mereka belum sama-sama mengenali setelah itu mereka bisa sama-sama menyintai, mencintai, serta sama-sama cinta-kasih, maka dari itu memunculkan ketenangan jiwa di tiap orang yang udah Allah perlihatkan jodohnya.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging