Apa Itu (& Perbedaan Antara) Nomor Esn, Imei Dan Meid

 Ada dua teknologi penyedia layanan seluler utama yang digunakan di seluruh dunia Apa itu (& Perbedaan Antara) Nomor ESN, IMEI dan MEID

Ada dua teknologi penyedia layanan seluler utama yang digunakan di seluruh dunia: Code Division Multiple Access (atau lebih diketahui dengan istilah CDMA) dan Global System for Mobiles (GSM). Sebuah ponsel dibentuk untuk mendukung baik CDMA atau GSM, namun tidak keduanya. Produsen ponsel menetapkan nomor identifikasi yang unik untuk setiap handset yang mereka hasilkan sesuai dengan teknologi yang mendukung. Nomor kenali GSM disebut International Mobile Equipment Identification (atau disingkat menjadi IMEI) dan model CDMA yang disebut Electronic Serial Number (atau disingkat menjadi ESN).

 Ada dua teknologi penyedia layanan seluler utama yang digunakan di seluruh dunia Apa itu (& Perbedaan Antara) Nomor ESN, IMEI dan MEID

ESN atau kepanjangan dari Electronic Serial Number, dipakai untuk mengidentifikasi suatu ponsel selular. 32-digit nomor yang diprogram ke ponsel ini juga mampu dilihat pada stiker atau label yang tertempel di dalam kompartmen baterai pada suatu ponsel. Setiap kali panggilan dilakukan, nomor ESN yang tertanam di microchip pada telepon selular akan secara otomatis ditransmisikan ke base station sehingga kantor mobile switching operator nirkabel dapat mengusut validitas perangkat dan koneksi tersebut.

Di banyak negara, nomor ESN terhubung dengan akun pengguna dan menyimpan data data pemilik tersebut beserta jaringan telponnya. Oleh sebab itu ESN juga berfungsi sebagai nomor IMEI dan sekaligus kartu SIM alasannya menyimpan berita jaringan (user/pengguna) beserta identitas ponsel tersebut. Namun, karena nomor ini berfungsi untuk keduanya, jika pengguna memutuskan untuk mengganti telepon, maka tidak sesederhana cuma menukar kartu SIM. Nomor ESN lazimnya digunakan pada telpon CDMA (sebelumnya dipakai pada telpon AMPS dan TDMA).

Sebagai ‘Pengidentifikasi Perangkat Seluler’ nomor IMEI dan ESN keduanya dipakai untuk menolong operator nirkabel dan ponsel manufakturer untuk mengenali jenis atau versi sebuah ponsel, dan kedua jenis nomor ini mesti berlainan satu dengan lainnya nya.

Bedanya ESN dan MEID

 Ada dua teknologi penyedia layanan seluler utama yang digunakan di seluruh dunia Apa itu (& Perbedaan Antara) Nomor ESN, IMEI dan MEID

Di negara mirip Amerika dan lain nya, ESN dahulu (dan sedang) dipakai untuk mengidentifikasi ponsel yang memakai jaringan CDMA untuk layanan wireless. ESN perlahan-lahan mulai ditinggalkan sebab berahli ke MEID, sebuah angka atau aba-aba yang lebih panjang dan lebih mirip dengan nomor IMEI yang dipakai dalam ponsel GSM dan UMTS.

A Mobile Equipment Identifier (MEID) adalah 14 nomor digit yang dipakai untuk mengidentifikasi suatu ponsel yang mempergunakan teknologi CDMA untuk layanan wireless.

ESN mendukung sampai 56 bit data serial nomor alokasi. Ini yaitu sama panjangnya dengan nomor IMEI yang sedang populer dikala ini, dan MEID bantu-membantu dibentuk semoga kompatibel dengan IMEI. IMEI digunakan oleh ponsel GSM, yang banyak dipakai oleh daerah-daerah di luar AS. Salah satu perbedaan yang fundamental antara IMEI dan MEID yaitu bahwa MEID menggunakan digit heksadesimal, sedangkan IMEI menggunakan decimal digit saja.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging