Aquamarine, Persembahan Sang Putri Duyung

Aquamarine berasal dari istilah Latin yang berarti air laut Aquamarine, Persembahan Sang Putri DuyungAquamarine berasal dari istilah Latin yang memiliki arti air laut. Saat menyaksikan permata mewah berwarna biru ini, akan dengan gampang mendapatkan jawaban mengapa disebut dengan Aquamarine.

Menurut legenda, aquamarine yaitu harta putri duyung yang dipakai oleh para pelaut semoga tetap kondusif di laut. Juga disangka memiliki sejumlah kekuatan mistik lainnya, mirip kemampuan untuk menolong pasangan keluar dari urusan mereka; melindungi dari tipu muslihat Iblis; menyembuhkan pusing, insomnia, dan penyakit lain; menguatkan intelektual, dan untuk menarik sobat-sahabat gres. Juga merupakan simbol untuk pemuda, simbol keinginan, kesehatan dan kesetiaan.

Batu ini juga ialah watu kelahiran bulan Maret dan permata yang dianjurkan untuk pasangan yang merayakan ulang tahun pernikahan ke-19.

Merupakan varietas mineral beryl, seperti halnya zamrud, aquamarine banyak ditemukan di berbagai daerah-tempat eksotis di seluruh dunia, seperti Afghanistan, Angola, Kenya, Madagaskar, Mozambik, Nigeria, Pakistan, Sri Lanka, Rusia, Zambia dan Zimbabwe. Tetapi sebagian besar watu permata yang tersedia di pasaran ketika ini berasal dari Brasil.

Aquamarine ditemukan dalam aneka macam nuansa warna biru, dari pastel pucat, biru kehijauan hingga biru. Untuk batu dengan warna yang dalam, ukuran yang lebih kecil tidaklah biasa. Umumnya, dibutuhkan batu yang lebih besar untuk menahan warna yang lebih gelap. Aquamarine yang paling berharga adalah yang memperlihatkan warna mendalam, biru murni, tanpa nuansa hijau. Ini sangat langka, dan karena itu lebih berharga. Tapi bila Anda lebih menentukan yang mempunyai warna kehijauan, Anda mampu mendapatkannya dengan harga yang lebih hemat biaya.

Tidak mirip saudaranya yang lain, aquamarine dikenal karena relatif bebas dari inklusi. Inilah sebabnya mengapa sering aquamarines diiris dengan sisi banyak untuk memamerkan permukaannya yang tanpa cacat. Pemotongan yang paling terkenal untuk aquamarine yaitu bentuk oval dan zamrud.

Dengan peringkat “8” pada skala Skala Mohs, batu ini sungguh tahan usang dan dapat digunakan sehari-hari. Yang jelas, kecemerlangannya menciptakan batu ini sesuai untuk semua jenis embel-embel, dapat berpadu dengan baik dengan semua logam pelengkap dan serasi untuk semua warna kulit.

Aquamarine umumnya memerlukan perlakuan panas secara permanen untuk menghapus overtone hijau. Tidak mirip saudaranya watu zamrud, aquamarine biasanya tidak terusik oleh fraktur permukaan, sehingga batu ini biasanya tidak perlu diobati dengan pengisi, resin atau minyak. Meskipun demikian, hindari pembersih mekanis. Untuk membersihkan aquamarine, gunakan air sabun hangat.

Aquamarine paling besar yang diketahui adalah 243 pon yang ditemukan di Brasil pada 1920. Batu itu dipotong menjadi banyak batu-watu kecil dan sebuah cuilan 13 kilogram disimpan di American Museum of Natural History. Aquamarine istimewa lain yang tercatat yakni watu 879,5 karat tanpa cacat, dipamerkan di British Museum of Natural History.

Sumber: http://www.jewelry.com

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging