Bagaimana Cara Generator Menciptakan Listrik

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui listrik bisa dimulai dengan memberi nama yang sempurna: energi listrik. Jika Anda ingin menghidupkan apa pun dengan listrik, dari pemanggang roti atau sikat gigi hingga ke MP3 player atau televisi, Anda perlu ‘memberinya makan’ dengan energi listrik yang cukup.

Taukah anda bahwa jumlah energi di alam semesta telah ditetapkan. Ada kabar baik dan jelek wacana apa yang kita bisa lakukan terhadap hal ini. Kabar buruknya bahwa kita tidak bisa menciptakan atau menciptakan energi dan menerima apa yang sudah ada; kabar baiknya bahwa kita tidak mampu merusak atau memusnahkan energi yang sudah ada. Apa yang kita bisa lakukan yaitu mengubah sebuah bentuk energi ke bentuk lain.

Gerakkan magnet ke arah paper clip (klip kertas), dan anda akan memaksa elektron di klip tersebut bergerak. Demikian pula bila kita membuat elektron tersebut travel lewat kawat logam, maka medan magnet akan terbentuk di sekeliling kawat. Sebuah generator hanyalah sebuah perangkat yang menggerakkan magnet akrab kawat untuk menciptakan aliran elektron – Seperti sudah diterangkan pada postingan sebelumnya bahwa mengalirnya elektron dapat menciptakan listrik. Ketika elektron mengalir, aliran ini disebut listrik, atau arus listrik. Caranya bisa beragam, dari alat crank (semacam engkol) yang diputar menggunakan tangan, mesin uap, hingga ke nuklir fission, namun prinsipnya tetap sama.

Salah satu cara sederhana untuk mengerti cara kerja generator adalah membayangkan suatu pompa yang mendorong air lewat pipa. Hanya saja yang didorong disini bukanlah air, generator memakai magnet untuk mendorong elektron. Sebuah pompa air mendorong sejumlah molekul air dan membuat sejumlah tekanan. Dengan cara yang sama, magnet di generator mendorong sejumlah elektron sekaligus menciptakan sejumlah “tekanan” pada mereka.

sirkuit listrik semoga proses berjalan dengan baik.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging