Mengenal Mutiara

Mutiara berada di dalam kelompok batu permata yang paling abadi Mengenal Mutiara
Mutiara berada di dalam kalangan batu permata yang paling baka, klasik dan dihargai. Sepanjang sejarah, kerikil mulia ini diasosiasikan dengan budi, kemakmuran, kemurnian, romantisme, dan misteri.

Mutiara ialah sejenis batu permata dalam banyak sekali bentuk, hasil biomineralisasi kerang dan siput anggota moluska. Mutiara alami terbentuk karena iritasi yang disebabkan oleh sesuatu yang aneh yang masuk ke dalam kerang. Mekanisme pertahanan diri akibat gangguan iritasi ini menghasilkan nacre yang terkomposisi sebagian besar dari kalsium karbonat.
Walau semua kerang dan siput dianggap mampu menciptakan mutiara, namun tidak semuanya menghasilkan mutiara dengan kualitas yang mampu diterima selaku suplemen.

Bentuk
Ada bentuk mutiara bulat, tear drops, keshi (seperti kancing), biwa (gepeng) dan barok (tidak beraturan). Mutiara bentuk lingkaran bernilai lebih tinggi.

Warna
Paling mahal yaitu mutiara kristal swarovski atau mutiara swarovski berwarna hitam dari laut tahiti. Lainnya adalah mutiara kristal swarovski atau mutiara swarovski berwarna natural mirip putih, coklat dan peach.

Kilau
Semakin berkilau makin tinggi daya jualnya di toko aksesoris dan toko mutiara. Kilau ini telah ada semenjak permulaan pembentukannya alasannya tergantung kualitas mineral yang membentuknya sehingga harga jual di toko aksesoris dan toko mutiara akan semakin tinggi.

Ukuran dan berat
Aksesoris wanita atau aksesoris mutiara yang berat mempunyai lebih banyak lapisan nacre yang membuat kilau mutiara bertahan lebih usang.

Cara membedakan mutiara orisinil dan palsu

1. Pembuatan
Mutiara dibudidayakan di air tawar atau air laut, mutiara imitasi dibuat di pabrik

2. Bentuk
Mutiara air tawar atau air bahari berbentuk bakpao, lonjong, lingkaran, tapi bentuknya tidak identik semua, mutiara imitasi berbentuk bundar, bentuknya identik semua, dan sungguh sempurna bentuknya

3. Warna
Mutiara air tawar atau air laut berwarna putih, hitam, peach, lavender, sedangkan mutiara imitasi berwarna sama dengan mutiara air tawar atau air laut, bahkan warnanya lebih beragam dan sangat cemerlang

4. Berat
Mutiara air tawar atau air maritim berat dan besarnya sebanding (seperti batu kerikil), mutiara imitasi besar dan beratnya tidak sesuai (ringan).

5. Bila digigit
Mutiara asli terasa seperti pasir namun tidak gampang tergores, mutiara imitasi terasa licin dan gampang terkelupas

6. Bila dibakar
Mutiara asli tidak gampang terbakar, mutiara palsu sungguh gampang terbakar

Cara merawat mutiara

1. Usahakan jangan terkena sabun/detergen
2. Cegah mutiara biar tidak sering kena keringat, namun kalau sering dipakai dan sering terkena keringat, usahakan sesering mungkin membersihkannya
3. Hindarkan dari Lotion dan sejenisnya
4. Usahakan anda tamat memakai bedak, tata rias atau lotion terlebih dahulu gres mengenakan aksesoris mutiara
5. Simpan mutiara dalam keadaan kering (sebelum disimpan dilap dulu dengan memakai tissue atau kain lembut)
6. Jangan simpan aksesoris mutiara di tempat yang mudah lembab seperti plastik dan sebagainya, alasannya akan membuat mutiara menjadi kusam.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging