Perak Bakar, Perak Hitam Klasik

Masyarakat sering mendengar dan juga sering mengucapkan kata ini Perak Bakar, Perak Hitam Klasik
Masyarakat sering mendengar dan juga sering mengucapkan kata ini: “Perak Bakar”. Aksesoris ini belakangan sungguh banyak dicari penggemar pelengkap. Jenis kerajinan perak ini berwarna hitam seperti bekas dibakar sehingga banyak orang menyebutnya perak bakar. Ini yakni salah kaprah yang ada di penduduk kita. Bahkan orang abnormal pun (orang Belanda) sering menyebutnya “ Gebrant Zilver ”, yang artinya juga perak bakar. Sama-sama salah kaprah..

Perak bakar bukanlah perak yang dibakar sampai gosong. Perak bakar dan perak putih yang mengkilap itu sama saja.

Sebenarnya perak yang hitam itu bukan alasannya proses pembakaran melainkan sengaja dibuat hitam dengan campuran materi kimia yang berbahan dasar Sulfur/welirang. Dikalangan pengerajin perak, istilahnya yaitu di-oxide. Karena bahu-membahu semua jenis kerajinan perak baik yang hitam ataupun yang putih mengkilap mengalami proses pembakaran yakni proses pemanasan ataupun pematrian sehingga di sini jelas sekali kalau proses pembakaran tidak ditujukan untuk membuat perak menjadi hitam.

Selain warnanya yang mempesona, perak jenis ini digemari sebab lebih tahan lama dan terkesan sungguh klasik. Selain itu, bentuknya yang simple dan tidak mewah menjadikan perak bakar dapat dipakai pada tempat dan waktu kapan saja.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging