Perak: Logam Sang Bulan

Perak bukanlah satu satunya logam mulia. Namun, dengan mengetahui sejarah, mitos dan legenda tentang perak Anda tidak akan lagi memandang koleksi tambahan perak Anda dengan cara yang serupa.

Perak sungguh lembut, putih, dan berkilau, ialah logam mulia yang sangat dipuja sejak penemuannya lebih dari 6.000 tahun yang lalu. Ketika Mesir kuno menilai emas menjadi logam sempurna, dan memberikannya simbol lingkaran, perak yang paling erat dengan emas dalam kesempurnaannya diberikan simbol setengah lingkaran. Selanjutnya setengah lingkaran ini mengarah ke simbol bulan setengah, yang mungkin disebabkan sebab kesamaan antara logam bersinar dan bulan bercahaya.

Cerita rakyat Eropa mengasosiasikan perak sebagai penangkal banyak sekali penyakit dan mitos monster. Perak juga diyakini sebagai penolak vampir. Manusia serigala cuma mampu dibunuh dengan senjata atau peluru yang yang dibuat dari perak.

Penggunaan perak untuk menghalangi bengkak tercatat pada ketika zaman Yunani dan Roma antik. Saat itu, pada Abad Pertengahan, perak digunakan untuk membasmi bakteri dalam air dan kuliner selama kurun penyimpanan, dan juga untuk perawatan luka bakar dan luka-luka. Pada periode ke-19, para pelaut di perjalanan maritim yang panjang akan menempatkan uang perak dalam tong air dan anggur mereka untuk mempertahankan cairan tetap murni. Para perintis Amerika menggunakan ide yang serupa dikala mereka perjalanan dari pantai ke pantai.

Tradisi menawarkan hadiah untuk menandai ulang tahun ijab kabul dimulai beberapa ratus tahun yang lalu di daerah Jermanik pada kurun pertengahan Eropa. Ulang Tahun Perak ialah salah satu perayaan penting tonggak perkawinan, menandai dua puluh lima tahun perkawinan, dengan gifting yang diberikan lazimnya yakni karangan bunga dari perak. Tradisi ini masih dikerjakan secara luas hingga kini.

Penggunakan yang paling brilian sepanjang sejarah logam mulia ini yaitu menjadikannya pelengkap. Perak merupakan salah satu logam yang paling reflektif (memantulkan cahaya), memberikan kecemerlangan tak tertandingi yang membuatnya material yang sempurna untuk desain pelengkap.

Perhiasan perak tak terhitung jumlahnya, muncul dalam berbagai gaya mulai yang paling rumit sampai yang sederhana. Perak juga mampu dipasangkan dengan berlian dan watu untuk membuatnya lebih mempesona.

Dan walaupun mempunyai sifat yang tak ternilai, perak relatif berlimpah dan gampang untuk mengekstrak dari bijih, sehingga harganya lebih terjangkau daripada logam berharga lainnya, mirip emas dan platina.

Saat ini kita mungkin tidak perlu khawatir lagi dengan insan serigala, sangat jelas perak telah memiliki kesan sebagai unsur penting suplemen. Dan jikalau itu juga mampu menciptakan para vampir dan setan pergi, alangkah baiknya!

Sumber: www.jewelry.com

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging