Perbedaan Teknologi Jaringan 3G & 4G & 4G Lte

G mewakili generasi ketiga dan keempat dari mobile broadband Internet Perbedaan Teknologi Jaringan 3G & 4G & 4G LTE

Pada lazimnya , perbedaan antara 3G dan 4G cukup sederhana. “G” ialah akronim dari generasi, jadi 3G dan 4G mewakili generasi ketiga dan keempat dari mobile broadband Internet. Sebagai aturan, asalkan Anda berada pada operator yang sama, koneksi 4G akan lebih cepat ketimbang 3G. Namun, itu tidak berarti jaringan 4G dalam satu carrier akan senantiasa lebih cepat dari pada jaringan 3G di carrier atau penyuplailayanan lainnya.

Untuk diiklankan selaku 3G, jaringan diharuskan memenuhi seperangkat patokan teknis untuk kecepatan dan keandalan, dan harus memperlihatkan kecepatan transfer data puncak sekurang-kurangnya200 kilobit per detik. Jaringan pertama yang menyanggupi persyaratan ini diluncurkan di A.S. sekitar tahun 2003, dan saat ponsel pintar mulai mulai digunakan secara luas, permintaan kanal mobile broadband yang lebih singkat akan meningkat. Hanya dalam bertahun-tahun yang singkat, dorongan untuk kecepatan data yang lebih singkat ini mendorong persyaratan gres lagi ke depan, dan ketika ini jaringan 3G mampu mencapai 200 kbps hingga puluhan kali lebih singkat.

G mewakili generasi ketiga dan keempat dari mobile broadband Internet Perbedaan Teknologi Jaringan 3G & 4G & 4G LTE

Untuk diiklankan selaku 4G, jaringan harus menunjukkan kecepatan data puncak minimal 100 megabit per detik untuk komunikasi mobilitas tinggi (pengguna di mobil, kereta api, dll.), Dan setidaknya 1 Gigabit per detik untuk komunikasi dengan mobilitas rendah (pejalan kaki dan pengguna lainnya). Tidak semua jaringan 4G diciptakan sama – mereka datang dalam banyak sekali macam, dan beberapa lebih singkat dan lebih banyak dipakai dibandingkan dengan lainnya. Penerapan yang paling lazim adalah LTE, WiMAX, dan HSPA +, namun LTE tidak diragukan lagi ialah yang paling banyak digunakan di antara carrier utama AS.

Perlu dicatat juga bahwa setiap generasi gres broadband nirkabel biasanya mewajibkan penyuplailayanan ponsel Anda melaksanakan upgrade di menara mereka, dan oleh karena itu mewajibkan Anda untuk mengupgrade ponsel Anda sehingga dapat mengirim / mendapatkan sinyal melalui infrastruktur baru. Sebuah ponsel 3G tidak dapat berkomunikasi melalui jaringan 4G, tetapi generasi ponsel yang lebih baru simpel dirancang supaya kompatibel ke belakang, sehingga telepon 4G mampu berkomunikasi melalui jaringan 3G atau bahkan 2G.

Anda mungkin ingin melupakan rute 4G dan memilih ponsel 3G jika:

  • Area Anda tidak mempunyai jangkauan jaringan 4G. Jika Anda tidak memiliki jaringannya, tidak ada gunanya membeli ponsel 4G, karena tidak dapat berinteraksi dengan menara sel 4G untuk memberikan sinyal. Namun, pada umumnya ponsel 4G dirancang agar kompatibel ke teknologi 3G, yang memiliki arti mereka masih mampu terhubung dan berinteraksi dengan menara 3G saat jaringan 4G tidak tersedia.
  • Anda jarang sekali memakai aplikasi yang menguras banyak data. Jika Anda bahkan tidak pernah melakukan streaming musik dan video dari web, Anda mungkin tidak membutuhkan kecepatan cepat yang ditawarkan 4G. Sebagian besar aplikasi untuk hal-hal fundamental seperti GPS, cuaca, email, dan jejaring sosial akan berlangsung dengan baik pada koneksi 3G.

Kapan mesti berahli ke  4G

Anda mungkin ingin menimbang-nimbang untuk memperoleh telepon berteknologi 4G kalau:

  • Anda menghendaki model ponsel yang lebih baru. Jaringan 4G menjadi kriteria yang cukup, sehingga sebagian besar ponsel terbaru dan paling canggih (Samsung Galaxy S3, iPhone 5, dll) biasanya yakni ponsel 4G.
  • Operator Anda memiliki jaringan 4g yang solid di kawasan Anda. Jika disediakan di sana, Anda semestinya memanfaatkannya.
  • Anda memakai banyak data, sehingga lebih untung jika menggunakan kecepatan yang lebih cepat. Data plan biasanya menghabiskan ongkos yang sama, terlepas dari apakah mereka menggunakan 3G atau 4G.

Apa Itu 4G LTE

Secara khusus, 4G LTE berarti “fourth-generation long term evolution” atau bahasa Indonesianya “evolusi jangka panjang generasi keempat,” dengan LTE menjadi tipe 4G yang menawarkan koneksi tercepat untuk pengalaman mobile internet – sampai 10 kali lebih singkat dari 3G. Banyak orang menggunakan perumpamaan 4G dan 4G LTE secara bergantian, namun keduanya tidak sama.

Memilih LTE 4G atau 4G

Memilih 4G atau 4G LTE bekerjsama tergantung pada kecepatan mana yang Anda inginkan atau pilih. Jika Anda memerlukan atau menginginkan kecepatan tercepat yang tersedia maka membeli smartphone yang mendukung 4G LTE lah yang direkomendasikan. Selain itu, Anda semestinya periksa peta cakupan (coverage maps) dari operator yang berlainan untuk melihat siapa yang memperlihatkan 4G LTE di sebagian besar kawasan, atau setidaknya area di mana Anda menghabiskan waktu paling banyak mirip rumah dan tempat kerja Anda.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging