Tips Dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

 Line merupakan aplikasi mengirim pesan  Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

Line ialah aplikasi mengantarpesan (messaging) yang sedang naik daun. Sakin populernya pada April 2014 mempunyai lebih dari 400 juta pengguna di seluruh dunia. Dengan Line, kita mampu follow aneka macam akun resmi dari artis sampai ke brand yang anda gemari sehingga mampu mengikuti update dan gosip terkini dari mereka yang disediakan khusus untuk para pengguna Line.

Ada beberapa hal yang anda mungkin tidak tahu anda bisa lakukan dengan Line. Berikut beberapa diantaranya:

Hidden Chat

Dengan fitur chat Line yg tersembunyi, anda bahu-membahu mampu mengantarpesan teks, foto, stiker, dan bahkan lokasi dan berita kontak yang hendak otomatis hilang sehabis dibaca.

Caranya, klik nama orang yang ingin anda ajak chat/ngobrol, kemudian tekan namanya diatas kiri pada window obrolan tersebut dan tekan Hidden Chat. Setelah itu anda akan dibawa ke window dialog gres dengan simbol gembok disamping namanya untuk mengingatkan bahwa disini ialah tempat hidden chat diam-diam.

 Line merupakan aplikasi mengirim pesan  Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

Disini anda mampu mengontrol timer berapa lama (dari dua detik hingga dengan satu minggu) yang diharapkan untuk menghapus chat tersebut. Waktunya dimulai saat si akseptor membuka hidden message nya. Jika hidden message tersebut tidak dibuka-buka, maka chat tersebut akan otomatis hilang sesudah dua ahad.

 Line merupakan aplikasi mengirim pesan  Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

Backup Chat

Jika anda termasuk salah satu yang cemas chat pentingnya hilang atau terhapus, Line juga memungkinkan kita untuk membackup dan menyimpan data chat.

Caranya, tekan tanda panah diatas kanan pada window bersangkutan, kemudian pilih Setting dan Export Chat History. Anda mampu menentukan untuk mengirim backup nya ke Email atau ke applikasi lain seperti Dropbox atau Google Drive.

 Line merupakan aplikasi mengirim pesan  Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

Password-Lock Line

Jika menyembunyikan chat bagi anda belum cukup kondusif, anda bisa menambahkan satu lapisan keselamatan lagi dengan menggunakan aplikasi password-locking.

Caranya, masuk ke Setting kemudian pilih Privacy untuk mengaktifkan Password Lock. Setelah itu masukkan 4 digit password untuk membuka Line chat anda. Perlu diingat juga bahwa jikalau anda lupa aba-aba password anda maka satu-satunya cara untuk jalan masuk kembali ke Line chat ialah meniadakan dan install kembali applikasi Line anda. Ini juga bermakna bahwa anda akan kehilangan chat history kalau belum dibackup.

 Line merupakan aplikasi mengirim pesan  Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

Online di Desktop

Ketika Whatsapp memberitahukan bahwa para penggunanya mampu akses online di desktop, banyak orang gembira atas informasi ini. Tetapi jarang yang tau bahwa Line melaksanakan ini terlebih dahulu jauh lebih permulaan dan bisa digunakan pada semua pengguna Android dan iOS sedangkan Whatsapp baru cuma pengguna Android saja sementara.

Caranya, anda perlu melakukan registerasi email apalagi dahulu pada ponsel pintar anda yang terinstall Line: masuk ke Settings, Accounts, kemudian Email Registration. Jangan lupa pilih ‘Allow Login’. Setelah itu download aplikasi Line untuk PC/Mac, lalu login dengan email dan password yang anda register pada ponsel pintar anda.

Mencegah Orang Lain Add Secara Otomatis

Sebal melihat contact orang tak diketahui timbul dalam daftar sahabat Line anda? Ada cara untuk mencegah semoga hal ini tak terjadi.

Caranya, masuk ke sajian More di atas kanan, lalu pilih Settings, Friends lalu non-aktifkan ‘Allow Others to Add’. Dengan cara ini, orang lain tidak mampu add anda walaupun mereka ada nomor telepon anda, dan harus mengantarrequest yang harus disetujui oleh anda untuk menerimanya atau tidak. Jika anda ingin lebih ‘sukar dijangkau’, pilih Privacy kemudian non-aktifkan ‘Allow Others to Add by ID’ sehingga anda hanya bisa nge-add, bukan di-add.

Mencari Teks Pesan Yang Spesifik

Jika anda sering chat pada banyak orang dan dipenuhi dengan obrolan-obrolan yang panjang di Line anda maka kadang masa suka gundah mencari topik atau pembahasan penting sehingga sangat merepotkan kalau harus mencarinya satu per satu. Untungnya, Line menawarkan fasilitas search untuk kata-kata atau kalimat spesifik sehingga kita mampu menemukannya secara mudah.

Caranya, di atas hidangan window chat terdapat search icon, tekan icon tersebut. Ketikkan kata atau kalimat yang ingin anda cari dan Line akan memberikan beberapa daftar chat yang bekerjasama dengan kata tersebut.

Menghentikan Ajakan atau Pesan Lain Dari Line Family Apps.

Jika ada sobat-sobat anda yang terus menerus mengirim invitation atau seruan untuk bermain game dari Line Family apps tentu bisa sangat mengusik. Untungnya juga Line menawarkan cara untuk menghentikan notifikasi tersebut yang terus berdatangan.

Caranya, masuk ke More > Settings > Notifications > Additional Services. Dalam kolom Authorized Apps, non-aktifkan ‘Receive Messages’.

 Line merupakan aplikasi mengirim pesan  Tips dan Trick Cara Menggunakan Line Messaging

Hemat Bandwidth Pada Pengiriman Foto.

Secara default, Line mengkompresi semua foto yang anda kirim. Jika kuota anda terbatas, atau sedang berada di area yang lemah sinyal, anda bisa mengganti kualitas pengiriman foto menjadi low.

Caranya, masuk ke Settings > Images & Videos > rubah mutu pengiriman foto dari ‘standard’ ke ‘low’.

Cara Unik Add Teman.

Line memiliki cara yang unik untuk nge-add teman. Jika sedang berada dengan teman anda, cobalah ‘shake phone’ kalian dengan cara: masuk ke More > Add Friends > Shake it! Dan kedua aplikasi Line kalian akan saling menghubung satu sama lain tanpa mengantarpesan yang tak penting melalui internet.

Jika berhasil, maka contact kalian berdua akan muncul di masing-masing layar hp Line anda, lakukan tap untuk add. Cara lain yaitu dengan scan QR codes masing-masing. Caranya, masuk ke More > Add Friends > QR Code. Kamera anda kemudian akan menyala dan siap untuk melaksanakan scanning. Tekan tombol bertulisan “My QR Code” di bawah kanan untuk memperlihatkan instruksi anda pada sahabat.

Keep.

 Versi Line modern meliputi fitur ‘Keep’ yang memungkinkan para pengguna menyimpan pesan, gambar, memos, dan konten lainnya yang dikirim lewat Line.

Dengan adanya fitur ini, maka mampu sungguh berfaedah kalau digunakan sebagai penyimpanan data untuk mengingat catatan-catatan atau hal penting seperti dokumen yang diantarboss anda, pandangan baru-ide penting yang dibahas melalui Line, kerjaan yang ditugaskan kepada anda, nama restaurant/toko yang direkomendasi saat sedang ngobrol dengan sahabat dll.

Caranya, highlight kata/kalimat atau gambar yang ingin anda simpan lalu tekan ‘Keep’. Konten yang di keep juga dapat di-share ke teman Line anda. Fitur Keep menawarkan space sebesar 1GB untuk konten yang anda simpan, tetapi file diatas 50mb hanya mampu disimpan selama 30 hari.

Album.

Fitur lain yang gak kalah menariknya adalah album. Di Line, kita bisa membuat album di chat room dengan teman Line anda (ataupun di group). Album yang berisikan foto-foto ini bisa diedit, dihapus, atau ditambahkan lagi oleh anda atau teman di chat room tersebut. Jika dialog chatnya terhapus, album ini tidak akan hilang dan bisa ditemukan di menu > albums.

Caranya, buka menu di chat room yang ingin anda membuatalbum. Klik “New album” untuk menciptakan album gres kemudian upload semua foto-foto yang ingin anda masukkan, jangan lupa berikan nama pada album tersebut lalu klik “Create Album”. Semua member di chat room tersebut mampu me-manage album tersebut.

Timeline Post.

Tidak seperti di BBM, semua status message yang dipost mampu disaksikan oleh semua member dalam friendlist anda. Di Line, tiap post yang anda kerjakan mampu disetting untuk siapa saja yang boleh lihat.

Caranya, buat dahulu list berisi contact yang ingin anda masukkan contohnya ‘Teman satu kelas’, ‘rekan kerja’, ‘family’, dsb lalu centang list mana saja yang mampu lihat masing-masing post yang anda buat kedepannya.

Caranya, setelah anda selesai menciptakan post (baik itu upload foto, menulis status message atau postingan) tekan privacy icon lalu pilih list mana aja yang bisa lihat. Jika tidak ada satu list pun yang dicentang maka post yang anda lakukan akan bisa disaksikan ke semua friend list anda.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging