Tutorial Dasar Google Webmaster Tools

Blogger, online marketer dan pemilik situs senantiasa membutuhkan informasi lebih lanjut berkaitan dengan bagaimana search engine menyaksikan situs mereka. Google Webmaster Tools menyediakan layanan gratis dan bantuan bagi mereka yang mencari untuk meningkatkan visibilitas situs, mendiagnosa kesalahan dan menyatakan preferensi tentang bagaimana mengatasi website listing. Anda juga dapat mendapatkan gosip ini diforward ke alamat email anda.


Setelah anda login ke Google Webmaster Tools, anda mesti klik pada tombol “Add a Site”. Masukkan URL situs anda dan klik Continue. Sebelum mulai memakai layanan ini lebih lanjut, anda perlu melakukan ‘verifikasi situs’ untuk memberi tahu Google bahwa situs yang anda cantumkan yakni sungguh-sungguh milik anda, sehingga anda mampu menyaksikan gosip lebih lanjut. Anda dapat memverifikasi situs anda dengan menyisipkan suatu tag META yang diberikan oleh Google Webmaster Tools pada bab HEAD situs anda (ditaruh sebelum tag epilog head pada html halaman anda). Setelah memverifikasi situs dengan Google, segala jenis gosip sekarang mampu diakses.


Saat memasukkan URL anda dan Google masih tidak mampu mengindeks situs anda, maka anda bisa menjajal kembali dengan memasukkan URL yang serupa tanpa ‘www’. Sebagai contoh: http://situsku.com/ dan bukannya http://www.situsku.com/


Pada dashboard Google Webmaster Tools, terdapat bab ‘Top search queries‘ bagi para anggota untuk mengenali peringkat pada keyword mereka, kata kunci mana yang menawarkan anda trafik yang besar dan lewat hasil yang mana hadirin meng-klik. Dari sini anda juga mampu mengetahui dari Google negara mana yang memberi anda trafik yang lebih besar dan juga menyortir hasil pencarian gambar.


Tanda-tanda yang mau anda temukan pada bagian ‘Top search queries ‘:


‘#’ artinya peringkat usul penelusuran.
‘%’ artinya persentase atas 100 query diwakili oleh tiap pencarian. Sebagai contoh, jikalau atas 100 queries mewakili 1.000 pengguna pencari, dan para pengguna tersebut mencari “kopi espresso” 260 kali, query tersebut mewakili 26% dari jumlah total pencarian untuk top 100 queries tersebut.


Link To Your Site,


Ini akan memberi tahu pemilik situs web jumlah link dari situs-situs lain ke situs web mereka, anchor text apa yang mereka gunakan. Data ini juga dapat didownload dalam bentuk spreadsheet. Ini sangat menolong, utamanya untuk menyaksikan bagaimana kemajuan situs yang anda kerjakan secara keseluruhan.


Subscriber Stats,


Bagian ini akan menginformasikan anda berapa banyak konsumen RSS feed anda melalui Google Reader.


Crawl Errors,


Alat diagnostik ini akan menginformasikan anda halaman mana saja dari situs anda yang mendapat kesusahan dikunjungi oleh sang Google. Jika terdapat dilema, maka akan dilaporkan di sini. Bagian ini juga terkategorikan atas web, mobile, dan mobile WML.


Perlu dikenali, semua blogspot label link akan diblokir oleh robots.txt untuk menghindari duplikasi dalam indeks mesin penelusuran. URL yang diblokir akan terlihat mirip ini:

 http://namabloganda.blogspot.com/search/label/namalabelanda . Anda akan menemukannya di tab “URLs restricted by robots.txt”. Pembatasan ini dilaksanakan secara default di blogspot, tidak ada kesalahan apapun sehingga tidak perlu melakukan perbaikan untuk hal ini (lagipula anda tidak dapat mengganti settingan ini).


Peta situs atau sitemaps,


Peta Situs yaitu daftar posisi dari seluruh halaman pada situs web anda. Menciptakan suatu sitemap mungkin mampu menolong walaupun tidak akan membantu banyak untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik, namun dapat memudahkan mesin pencari untuk berkunjung ke seluruh halaman anda. Jika ada perbedaan besar antara jumlah halaman yang anda miliki di situs anda dan jumlah yang dilaporkan dalam bagian ini, maka kemungkinan terdapat masalah. Dari sini, maka anda mungkin mampu mengusut lebih lanjut. Klik link ini untuk mengenali cara menciptakan dan mengantarsitemap Blogger ke Google webmaster tools.


Bagi yang memakai situs web yang di hosting dan tidak tau bagaimana cara membuat sitemap, anda bisa memakai jasa yang ditawarkan banyak situs untuk membuat sitemap anda di web (sitemap generator). Anda cuma tinggal mencarinya saja lewat Google. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu hanya meletakkan URL lengkap alamat situs anda pada kotak isian yang tersedia, isi informasi-info yang lain yang diharapkan, kemudian menekan tombol Start. Mereka akan menyediakan link untuk anda untuk didownload sitemap yang sudah mereka buat. Download sitemap tersebut dan letakkan di folder “public_html/” server anda.


Mengenai posisi URL di sitemap tersebut jangan terlalu dihiraukan sebab tidak akan terlalu berdampak pada search engine. Priority pada pengerjaan sitemap artinya berapa pentingkah suatu URL daripada URL lainnya pada situs web yang sama. Banyak diantara mereka yang menaruh priority yang lebih besar pada halaman yang sering diupdate, namun banyak juga yang bilang bila hal tersebut tidaklah terlalu kuat dalam segi rangking pada hasil pencarian.


Periksa bagian “message” atau”Pesan”, sebagai tim GWT akan mengirimkan pesan kepada anda kalau ada persoalan dengan salah satu dari situs anda.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging