Creatonme Hadir Beri Solusi Bagi Pencari Kerja

Creatonme Hadir Beri Solusi Bagi Pencari Kerja

Pada 2025 mendatang. Sedikitnya ada 10 skill yang harus dikuasai bagi para pencari kerja agar tak tersisih dari persaingan. Skill ini nyaris tak pernah dipelajari di sekolah-sekolah formal saat ini.

Lantas apa saja ke-10 skill tersebut?

Annisa Arsyad, dalam hal ini selaku Director Ecofun Indonesia menyebut ke-10 skill tersebut dan memang sangatlah penting untuk dikuasai menyambut era 2025.

Adapun ke-10 skill yang dimaksud adalah:

  1. Analytical Thinking and Inovation
  2. Active learning and learning strategies
  3. Complex problem solving
  4. Critical thingking and analysis
  5. Creativity originality and initiative
  6. Leadership and social influence
  7. Technology use, monitoring and control
  8. Technology design and programming
  9. Resilience, stree tolerence and flexibility
  10. Reasong, problem solving and ideation
Agar bisa mengeksplor ke-10 skill tersebut maka menurutnya anak muda memang harus lebih kreatif dari sekarang.

“Itulah kenapa CREATONME hadir untuk para generasi muda,” ujarnya pada acara webinar yang digelar Ecofan Indonesia bekerjasama dengan  Asean Foundation, Empowering Youth, Maybank Foundation, dan Arcanum Hobbies serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sabtu, 15 Januari dengan tema manfaat dan peluang pembelajaran melalui game dari berbagai persfektif.

Apa Itu Ecofun dan Creatonme?

Apa Itu Ecofun dan Creatonme?

Ecofun Indonesia adalah sebuah social enterprise yang bergerak di bidang sains komunikasi, pendidikan lingkungan dan game-based learning.

Adapun kata Annisa Arsyad, CREATONME adalah singkatan dari Creative Economy Education Through Game-Based Learning.  Program ini diwadahi langsung oleh Ecofun Indonesia. 

CREATONME adalah sebuah program yang mengangkat tentang tema ekonomi kreatifitas. Tujuan utamanya adalah untuk mengasah skill yang berkaitan dengan kreatifitas dan berbasis bisnis social.

Artinya dari game itu kemudian melahirkan kegiatan seperti melakukan pengembangan produk edukasi berbasis board game dan menjadi provider program training interaktif atau workshop ke depannya. Bila benar-benar sesuai harapan atau visi misi dari Creatonme maka akan diberi dana untuk mengembangkan game tersebut. “Akan ada pendanaan untuk mengembangkan game tersebut.” Ucapnya.

Adapun misi dari Creatonme adalah untuk memberikan seperangkat skill terkait gamifikasi dan game design, sekaligus berpikir kreatif dan problem solfing.

Tentunya kata dia, dengan menyasar para anak muda yang memang memiliki ketertarikan di desain board game, mulai dari SMA hingga kuliah.

Creatonme Hadir Beri Solusi Bagi Pencari Kerja

“Kalau tertarik bisa menghubungi kami di email ecofuncommunity@gmail.com atau bisa juga melihat langsung di webnya ecofun.id,” bebernya.

Sejauh ini sudah ada para generasi muda yang tergabung dalam program Creatonme ini. Di antaranya, Game-Based Learning bernama Worka, Ijima, Water Trip dan Nusantara Culture Hunt.

Jipang selaku anggota dari tim Water Trip mengatakan, game ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang air bersih di sejumlah Negara. Target peserta usia 14 tahun ke atas.

Creatonme Hadir Beri Solusi Bagi Pencari Kerja
Salah satu komunitas yang telah bergabung dengan Ecofun Indonesia

Lebih jauh. Berdasarkan hasil survey Global Youth Wellbeing Index, saat ini banyak anak muda merasa takut melihat masa depannya. Salah satunya mengenai persaingan pada dunia kerja.

Khususnya pula pada pertanyaan apakah banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di masa mendatang. Olehnya, itu kehadiran Creatonme bisa menjadi solusi untuk mempersiapkan diri menatap masa depan yang lebih cerah.

Untuk Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Creatonme? 

Silakan Nonton Videonya di Bawah Ini

Seberapa Penting Creatonme?

Menurut Syaifullah perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membeberkan saat ini pihaknya lagi getol-getolnya mengembangkan ekonomi kreatif sebab memang sangat dibutuhkan untuk masa mendatang. Artinya dengan hadirnya Creatonme menjadi salah satu solusi dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang diharapkan.

Menurutnya Ekonomi kreatif penting menjadi perhatian sebab ini adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Ada 17 sektor ekonomi kreatif yang memang harus dilirik dan salah satunya adalah melalui game,” bebernya.

Pengembangan game sangatlah potensial terlebih di zaman industri 4.0 seperti sekarang ini. Jadi perlu inovasi untuk mendorongnya agar terus berkembang. Belum lagi tak sedikit kini sudah banyak lini menggunakan .

“Kita bisa lihat ada banyak profesi baru dalam dunia teknologi saat ini dan salah satunya di social media dengan menjadi specialist content creator atau game developer,” bebernya.

Ia pun menyarangkan kepada generasi muda agar kiranya bila mencari kerja sebaiknya mencari pekerjaan pada industri yang lagi growing (baca trending) dan jangan cari kerja pada profesi yang sedang mengalami penurunan drastiss. Misanya penyiar radio. “Siapa sekarang yang dengar radio. Makanya perlu baca data dan itulah pentingnya big data untuk dipelajari,” tutupnya.

Belum lagi kata dia, Indonesia saat ini adalah pasar luas dan berkembang total revenue $1,74 miliar. Sayang apabila tak dimanfaatkan.

Creatonme Hadir Beri Solusi Bagi Pencari Kerja
Dr Yang Memberikan penjelasan manfaat bergabung programm Asean Foundation

Hal menarik lainnya kata Eksekutif Director Asean Foundation, Dr Yang, saat ini ASEAN Foundation sedang fokus di pemberdayaan pemuda yang berumur 15-34 tahun. Dimana ada 4 pilar yang jadi perhatian yang mana di antaranya ada seni dan pendidikan. 

Creatonme tentunya adalah salah satunya dalam mengembangkan skill khususnya dalam dunia game yang kini kian berkembang.

“Di ASEAN Foundation,kami ingin membangun kesadaran masyarakat tentang hal ini,” kata dia.

Apalagi di era pandemi ini, pihaknya sedang membantu generasi muda untuk mencari dan mendapatkan pekerjaan. ”Silahkan ke website kami untuk mencari tahu informasi tentang program kami,” bebernya.

Ia juga menyebutkan apabila tertarik dengan bermain musik, dan ingin membuat konser sendiri dan membuat lagu sendiri. Maka skill yang bisa diberdayakan tersebut akan dibantu.

Hal lainnya. Apabila passion dengan dunia game. Maka bisa menjadi gamer enterprise atau social enterprise. Maka ada program social enterprise dari pihak ASEAN Foundation yang siap memberikan wadah.

“ Sekarang banyak perusahaan fokus di social enterprise, ini baik untuk dikembangkan,” sebutnya.

Dan tidak hanya itu, kata Dr Yang apabila passion di bidang videografik, fotografi, maka dipersilahkan untuk bergabunglah di lomba ASEAN Youth Social Journalism Contest.

“Di 2022, sangat banyak program baru yang akan dilaksanakan. Misalnya di Program ASEAN-Maybank Scholarship, kita akan memilih 3 orang terbaik di ASEAN untuk melanjutkan studi nya ke luar negeri,” bebernya.

Begitupula dengan ASEAN-SAP Apprenticeship. Ini adalah Program yang bisa diikuti apabila ingin bekerja di ASEAN dan SAP.

“Sebenarnya mitra utama kami adalah Google.org dan Plan International yang membantu generasi muda untuk mendapatkan pekerjaan,” tambahnya.

Lebih jauh, dia mengatakan kehadiran cretonme  akan sangat membantu menyiapkan skill yang dibutuhkan oleh beberapa pekerjaan. Pasalnya program ini sangat bagus karena menyiap skil masa depan.

 “Kalau saya masih muda, saya akan bergabung di data analytics. Tapi sekarang sudah berumur, jadi saya belajar sendiri,” bebernya.

 Sejauh ini kata dia lagi, scholarship ASEAN sudah terlaksanakan dan sekarang akan dibuka lagi beasiswa Maybank Foundation. Dan ini akan terbuka bagi generasi muda yang berprestasi yang kekurangan biaya untuk melanjutkan studinya.

 “Di sini, saya ingin mengundang teman-teman untuk mengikuti magang ASEAN. Saat ini. Di era pandemi ini ada 37 anak magang.” sebutnya.

 Menariknya lagi. pihaknya juga menawarkan pekerjaan full-time setelah magang berakhir kepada beberapa orang yang mana kedepannya, akan bekerjasama dengan berbagai komunitas lokal yang ada di dunia.

 “Kami berusaha untuk menargetkan masyarakat-masyarakat lokal di seluruh ASEAN. Saya berharap teman-teman ke depannya akan bangga dengan identitasnya sebagai orang ASEAN,” harapnya.

 Jika teman-teman butuh bantuan, sambungnya, silahkan bergabung di program Asean Foundation. Ikuti juga podcastnya untuk mendengar beberapa cerita dari berbagai generasi muda yang telah berhasil mengembangkan skilnya.

“Jadi kalau teman-teman punya skil public speaking dan komunikasi yang baik, mari daftar menjadi bagian dari podcast kami,” serunya.

Jadi Tunggu apalagi. Yuk bergabung. Setidaknya bergabung dengan komunitas Creatonme terlebih dahulu. Silakan kirimkan kemampuannmu di bidang apa via email Ecofun Indonesia.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging