Gereja di Indonesia, Bangunan Gereja Protestan Terindah

Gereja di Indonesia – Menurut istilah, aras merupakan suatu perbedaan dalam sebuah kondisi. Pada artikel ini akan dibahas mengenai aras Gereja Protestan. Semua gereja pasti memiliki perbedaannya masing-masing. Lalu, apakah perbedaan tersebut? Agar lebih mengerti, mari kita mulai membaca artikel ini.


Jika aras berarti perbedaan, berarti aras Gereja Protestan merupakan perbedaan bangunan serta keunikan dari Gereja Protestan yang satu dengan lainnya. Maka dari itu, di artikel ini akan membahas mengenai bangunan-bangunan Gereja Protestan yang ada di dunia.


Gereja di Indonesia, Bangunan Gereja Protestan Terindah

Aras Gereja Protestan, Bangunan Gereja Protestan Terindah

Dari semua gereja yang ada, beberapa di antaranya memiliki arsitektur yang indah. Bukan hanya di luar negeri, tapi juga bisa Anda lihat di Indonesia. Mau tau apa saja Gereja Protestan tersebut dan bagaimana aras Gereja Protestan? Langsung saja kita bahas.


1. Katedral Jakarta Gereja di Indonesia yang dibangun 1810

Gereja Protestan pertama yang akan dibahas adalah katedral yang ada di ibu kota Indonesia, Jakarta. Dalam bahasa Belanda, gereja ini bernama De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming yang artinya Gereja Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga.

Baca Juga Persekutuan Gereja-Gereja Mandiri Indonesia


Gereja di Indonesia tepatnya Gereja katedral Jakarta ini dibangun pada 1810 dengan konsep arsitektur neo-gotik. Perlu Anda ketahui gotik itu bukan hanya pakaian yang digunakan untuk anak-anak muda zaman sekarang yang semuanya serba hitam, tapi juga merupakan gaya arsitektur dari abad pertengahan Eropa.


Dulu, gereja ini telah dua kali mengalami musibah sehingga harus direnovasi sedemikian rupa agar layak untuk dijadikan tempat beribadah jemaatnya. Dua musibah itu adalah terbakarnya gereja ini, yaitu pada 1826 dan roboh pada 1890. Selain itu peristiwa lainnya adalah pada tahun 2000, saat itu Gereja Protestan ini menjadi salah satu target penyerangan bom pada malam natal.

Baca Juga Cara Mengajari Anak TK Menulis


Gereja Protestan ini memiliki bangunan yang berbentuk salib dan panjang sekitar 60 meter. Walau bergaya gotik Eropa, gereja ini dibuat oleh seorang tukang batu dari Cina bernama Kwongfu.


Katedral Jakarta dibangun dengan menggunakan baru bata yang tebal dan disusun seperti kumpulan batu alam. Gereja ini memiliki tiga menara, yaitu menara benteng daun, angelus dei, dan gading. Berbeda dengan bangunannya, ketiga menara tersebut terbuat dari besi dan bagian bawahnya menggunakan bahan bangunan yang didatangkan langsung dari Belanda sementara bagian atapnya asli dibuat di Jakarta (Batavia pada saat itu).


Seperti pada gereja-gereja umumnya, Katedral Jakarta juga memiliki lonceng. Lonceng yang sekarang ada di sana adalah pemberian dari Clemens George Marie van Arcken. Di menara gading ada lonceng kecil yang juga merupakan pemberian, yang memberikannya adalah Chasse. Untuk lonceng terbesar bernama Wilhelmus yang merupakan hadiah dari Tuan J.H. de Wit.

Baca Juga Eksistensi Honda Revo di Indonesia


Selain yang sudah disebutkan tadi, ada beberapa “aksesori” lain di ada di katedral tersebut, seperti sebuah patung kristus raja yang ada di depan gereja, goa maria yang mirip dengan yang ada di Lourdes Perancis, letaknya ada di samping gereja.


Pada pintu masuk ada patung Bunda Maria yang bertuliskan Beatam Me Dicentes Omnes yang artinya “semua keturunan menyebut aku bahagia”. Tidak boleh ketinggalan, ada juga rozeta atau jendela yang bercorak Rosa Mystica dan menjadi lambang Bunda Maria, letaknya ada di gerbang utama gereja ini.


2. Gereja Kristen Rejang Gereja di Indonesia memiliki 20 Bagian

Gereja Kristen Rejang atau yang disingkat GKR adalah salah satu Gereja Protestan yang ada di Indonesia. Gereja ini menganut aliran reformasi Lutheran namun ada juga beberapa persekutuan gereja yang beraliran Calvin.

Baca Juga Creatonme Hadir Beri Solusi Bagi Pencari Kerja


Memang gereja ini tidak berbeda dengan Gereja Protestan yang lainnya. GKR itu tidak berdiri sendirian, namun memiliki 20 gereja lainnya, yang terdiri atas gereja lokal antara lain :


  • 1. GKR Taba Penanjung Jemaat Makhpela (1 lilin kudus) (gereja induk II)
  • 2. GKR Tebing Penyamun Jemaat Manasye
  • 3. GKR Pondok Kelapa Jemaat Rahel (1 lilin kudus) (gereja utama)
  • 4. GKR Batu Bandung Jemaat Isakhar
  • 5. GKR Ipuh II Jemaat Salomo
  • 6. GKR Ipuh Jemaat Ammon (gereja utama)
  • 7. GKR Sengkuang Jemaat Tiberias (1 lilin kudus)
  • 8. GKR Putri Hijau Jemaat Immanuel (gereja utama)
  • 9. GKR Lebong Tandai Jemaat Mahanaim
  • 10. GKR Babakan Baru Jemaat Manasseh
  • 11. GKR Ketahun Jemaat Yeremia (1 tabut tabernakel)
  • 12. GKR Semelako Jemaat Daud
  • 13. GKR Air Meles Atas Jemaat Estemo ( 1 lilin kudus)
  • 14. GKR Bandar Agung Jemaat Sikhem
  • 15. GKR Muara Kemumu Jemaat Elohim (1 tabut tabernakel)
  • 16. GKR Cawang Lama Jemaat Anim
  • 17. GKR Kampung Melayu Jemaat Yanum (gereja utama)
  • 18. GKR Sukarami Jemaat Zior
  • 19. GKR Turan Baru Jemaat Zebulon
  • 20. GKR Pusat Yehezkiel Arga Makmur (gereja induk/sentral)

Selain itu, ada lima gereja lainnya yang masih dibangun dan belum rampung antara lain, GKR Kerkap Jemaat Zebaot, GKR Air Dingin Jemaat Getsemani, GKR Bumi Sari Jemaat Erezt, GKR Padang Bano Jemaat Eden, dan GKR Durian Depun Jemaat Saul.

Baca Juga Cara Membuat Blog di Hp Gratis


Aras Gereja Protestan ini dengan yang lainnya juga dapat dilihat dari cara memberikan pelayanan. GKR menggunakan media lain selain mengadakan pertemuan di gereja, yaitu dengan media televisi serta radio. GKR membuat salah satu acara di televisi Bengkulu dengan jam tayang pukul 10.00 WIB dengan judul GKR di tengah kemajemukan Provinsi Bengkulu. Selain di televisi lokal Bengkulu, acara GKR juga disiarkan di televisi Jambi dan Sumatera Selatan.


Selain televisi, acara juga diadakan di radio, radio Aurora, dan Yesus Christ yang keduanya adalah stasiun radio pribadi milik GKR. Selain itu, ada juga di Radio Banora 4Fm, serta Radio Stanza dengan jam tayang pukul 15.00.


GKR selalu memberikan pelayanan-pelayanan kepada para jemaatnya dengan bantuan beberapa badan pelayanan kategorial gereja. Ada enam pelayanan kategorial GKR yang terdiri atas Persekutuan Sekolah Minggu GKR, Persekutuan Pemuda GKR, Persekutuan Misi Adat GKR, Penata Muda GKR, Kaum Paruh Baya Aktif GKR, dan Dharma Wanita Rejang GKR.

Baca Juga Jual Uang 100.000 Dollar Di mana Yah?


3. Katedral Santo Basil adalah inspirasi Gereja di Indonesia

Untuk urusan arsitektur Gereja Protestan yang berbeda dan indah, Katedral Santo Basil adalah salah satunya. Gereja ini memiliki banyak kubah yang berbentuk seperti “bawang” dan berada di kompleks lapangan merah di Miskwa, Rusia. Gereja Protestan ini dianggap sebagai simbol posisi unik Rusia yang berada di antara Eropa dan Asia.


Pemrakarsa pembangunan gereja ini adalah seseorang yang kejam bernama Ivan. Gereja Protestan ini di bangun pada 1555 sampai 1561. Pembangunan gereja tersebut dimaksudkan untuk merayakan keberhasilan merebut Kekhanan Kazan. Pada 1588 ada sebuah kapel di atas kuburan Basil yang diberkati, kapel tersebut ditambahkan oleh Tsar Fedor Ivanovich salah seorang ortodoks Rusia.


Letak Gereja Protestan ini ada di sebelah tenggara dari Lapangan Merah, atau di seberan Menara Spasskaya. Saat ini Katedral Santo Basil memiliki sembilan buah kapel dengan pondasi tunggal. Rancangan dari katedral ini sedikit meniru dari gaya gereja dengan atap kerucut, seperti Gereja Kenaikan di Kolomenskoye dan Gereja Pemenggalan Kepala Santo Yohanes Pembaptis di Dyakovo.


Uniknya, di taman depan gereja ini ada sebuah patung tembaga yang dibuat untuk memeringati Dmitry Pozharsky dan Kuzma Minin yang memiliki peranan bagi Rusia karena memanggil dan menyatukan banyak pasukan relawan untuk membantu melepaskan diri dari Polandia saat terjadi Masa Kesusahan pada abad ke-17 dan abad akhir ke-18.


Awalnya, patung tersebut diletakkan di tengah lapangan, namun dipindahkan karena pemerintah Soviet mengatakan bahwa patung menghalangi jalannya parade. Untuk itu lah patung dipindahkan pada 1936.


Itu lah aras Gereja Protestan atau perbedaan antara beberapa Gereja Protestan yang ada di Indonesia dan dunia.

Related keywords: sejarah gereja di indonesia, jumlah gereja di indonesia, gambar gereja di indonesia, macam macam gereja di indonesia, 30 nama nama gereja di indonesia, 10 nama gereja di indonesia, 100 nama gereja di indonesia, mengapa banyak gereja di indonesia 

 

Gambar Bunda Maria

Sebuah gambar Bunda Maria secara misterius muncul di aspal jalan, di tempat parkir Kota Monterey, Meksiko.


Gambar yang terbuat dari kapur tersebut sebelumnya telah dibuat 13 tahun lalu dalam sebuah perayaan.

Hal itu diungkapkan oleh pihak berwenang setempat. Mereka menyebut bahwa gambar Maria yang muncul itu dibuat dalam perayaan “Bella Via” yang digelar dalam festival tahun 2007 lalu.


Gambar yang ditemukan di kota Guadalupe tersebut akhirnya menyebar luas di media sosial dan menarik banyak perhatian warganet di seluruh dunia.

Penasaran dengan penemuan gambar Bunda Maria tersebut, banyak orang yang mengunjungi lokasi itu untuk melihat secara langsung kebenarannya.


Bahkan, orang-orang pemeluk agama Kristen yang mempercayai adanya mukjizat di Meksiko itu, datang beramai-ramai untuk melihat keajaiban tersebut.


Tak sedikit dari mereka yang meninggalkan lilin yang menyala dan bunga untuk menghormati sosok Maria dalam gambar kapur tersebut.Direktur Kebudayaan Kotamadya Guadalupe, Félix Palomo mengunggah foto gambar kapur misterius itu dalam akun Twitter pribadinya.

Related Keyword: gambar bunda maria, gambar tuhan yesus, gambar rosario, gambar maria, gambar keluarga kudus, poster bunda maria, sketsa bunda maria, lukisan bunda maria di museum louvre, gambar wajah bunda maria

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging