Tempat Wisata di Sinjai Utara Ada Batu Tua Pesan untuk Anak Cucu

Tempat Wisata di Sinjai sebenarnya sangat banyak. Sayang hingga saat ini belum terekspos dengan baik. Salah satunya objek wisata yang ada di Sinjai Utara. Di tempat ini ada batu tua yang sarat makna untuk para anak cucu. Kalau tak percaya. Silakan saja disimak artikel di bawah ini.


Cari tahu juga tempat wisata di bone, tempat wisata di bulukumba, bukit pelangi sinjai, tempat wisata di sinjai timur, wisata pantai sinjai, wisata tongke-tongke sinjai, pulau di sinjai, pantai di sinjai timur


Tempat Wisata di Sinjai Utara Ada Batu Tua Pesan untuk Anak Cucu

Tempat wisata di Sinjai ini adalah sebuah Taman Purbakala Batu Pake Gojeng namanya. Ini adalah salah satu Tempat Wisata Alam dan Kebudayaan yang ada di Kab. Sinjai dimana Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan. Di sini pula adalah tempat tanah kelahiran para anak bangsawan.


Menariknya ada banyak wisata dan kuliner yang mungkin masih belum banyak dikenal oleh berbagai kalangan di Indonesia dan Luar Negeri, karena Kota Sinjai tidaklah terkenal seperti Bali, meski tempatnya kecil tapi Sinjai ini memiliki berbagai panorama Alam, Budaya, Adat, dan kuliner yang dapat anda nikmati ketika anda berkunjung dan berada di Kab. Sinjai.


Dari 9 Kecamatan di Kab. Sinjai masing-masing memiliki Objek wisata yang dapat anda kunjungi, dan kali ini kita akan berbagi wisata di Daerah Pusat kota Sinjai tepatnya di Kecamatan Sinjai Utara Kab. Sinjai dengan Objek Wisata Alam dan Budayanya yaitu Gojeng.


Pintu Masuk Gojeng

Gojeng dikenal dengan panorama alam yang dapat anda nikmati ketika pagi hingga senja, gojeng merupakan sarana objek wisata yang sering di kunjungi oleh masyarakat sinjai atau bahkan wisatawan, dengan pemandangan yang indah.


Gojeng dikenal sebagai tempat yang dapat memberikan sedikit ketenangan bagi anda semuanya, Ketinggian lokasi dari taman purbakala ini sekitar 96 meter dari permukaan laut sehingga kita bisa melihat Kota Sinjai dari atas dan melihat lautan serta Deretan Pulau Sembilan Sinjai seperti foto dibawah ini:


Panorama Alam Di Puncak Gojeng

Gojeng ini berada di Kecamatan Sinjai Utara, Kelurahan Biringgere jarak tempuh untuk ke taman ini sekitar 1,5 dari jantung Kota Sinjai, kawasan ini berada dipuncak bukit Sinjai kota dengan memiliki beragam benda purbakala dan benda-benda jaman dahulu “zaman tempo doloe” yaitu batu pahatan, batu tua, dan benda-benda yang digali dari tempat ini serti guci yang jaman dulu yang talah berumur ratusan tahun, inilah bukti kebudaayan yang ada di Gojeng ini.


Batu Tertuah

Batu Tua Pesan untuk anak cucu

Di puncak batu pake gojeng ini pula dulu digunakan oleh para tentara Belanda dan Jepang ketika menjajah Indonesia yang digunakan sebagai tempat pertahanan dan pengintaian kapal laut dan pesawat yang melintas di teluk bone, dan konon dari tempat itulah di ceritakan pula sebagai jalur bawah tanah yang terhubung dengan Benteng Balangnipa, namun tempat itu sudah tidak layak digunakan lagi alias tidak dapat di masuki.


Ada 120 Anak Tangga Menuju Puncak Bukit

Dari sini pula anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan panorama alam seperti Keadaan Kota Sinjai, Jajaran Pulau-Pulau Sinjai, Laut Biru, Hutan Bakau yang hijau, anda juga dapat mengajak keluarga anda dengan menikmati fasilitas seperti ayunan dan selucuran bagi anak-anak untuk bermain. seperti foto-foto Keluarga Kanda Zainal Abidin Ridwan (Ketua RTIK Sul-Sel) menikmati Wisata Taman Purbakala Batu Pake Gojeng dengan menikmati pemandangan alam serta bermain bersama keluarga:


Di Rumah Adat Taman Purbakala yang terdapat di Gojeng ini juga terdapat nilai sejarah tersendiri loh, dengan kaya akan warisan kebudayaan, dimana dalam bidang Arkeologi oleh Rescue Excavation telah menemukan bermacam-macam jenis Benda Cagar Budaya (BCB) seperti keramik, tembikar, sejumlah kecil fragment keramik blue underglass serta gigi buvidae pada tahun 1982 lalu, diperkirakan benda tersebut ada sejak zaman Dinasti Ming, fosil-fosil kayu dan peti mayat. seperti dibawah ini:

Rumah Adat Tanam Gojeng

Cagar Buadaya yang terdapat didalam rumah adat gojeng


Fosil yang berada di rumah Adat Gojeng

Untuk mendaki di Puncak Gojeng anda akan menaiki 120 buah anak tangga yang dijajarkan batu-batu purba dan bunga-bunga serta dalam lokasi Gojeng terdapat pepohonan dapat anda liahat seperti pohon cemara, pohon kalumpang, Pohon Kelapa, Pohon Cenara, Bunga Kamboja, bougenville dan juga Akasia.

Jalur Menuju Puncak Batu Pake Gojeng


Sekitar Anak tangga menuju Puncak Gojeng

Jadi ketika anda ingin berkunjung dan memasuki kawasan Wisata Alam dan Kebudayaan ini, anda cukup membayar karcis masuk sebesar Rp.2.000, dan lokasi ini pula hanya dapat dikunjungi hingga pukul 17.00 WITA dan tidak dapat dikujungi pada malam hari. dan anda bisa melihat lokasinya disini dengan Web GIS Sinjai.


Perhatian buat para muda-mudi yang ingin menikmati suasana puncak Gojeng bersama pasangan anda konon ada Mitos


Ketika anda mengajak sang kekasih anda di Gojeng maka hubungan Cinta anda tidak akan berlangsung lama (akan cepat putus), dan ketika anda mengajak calon pacar atau gebetan anda konon anda akan jadian (pacaran),


Mitos Di Gojeng ini sudah menjadi bukti bagi para putra-putri Sinjai yang telah mengalaminya, namun mitos kadang benar kadang tidak, jadi anda tinggal percaya kepada siapa? itu tergantung anda sendiri loch, saya cuman memberikan masukan kepada anda ketika berkunjung di Tanaman Purbakala Batupake Gojeng.


Jika anda Penasaran dengan Gojeng di Sinjai Maka dari itu Ayo berkunjung di Gojeng, saya tungguki kedatanganta, mariki ke Gojeng, dan datangkii, Sinjaiku Indah dan Nyamanjhe juga loooo, karena Sinjai Lo, Punya banyak ceritajhe juga.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging