Apa Arti Mah Pada Baterai

Kata atau huruf “mAh” yg sering didapatkan pada baterai yakni abreviasi dari milliampere hours (milli ampere per jam). Ini menginformasikan terhadap kita seberapa banyak arus listrik yang dikeluarkan selama satu jam.

m = milli = 1/1000
A = ampere, satu unit arus listrik (sering disingkat menjadi “amp”)
h = hour (sejam)
Maka itu mAh mempunyai arti 1/1000 ampere per jam. Atau juga sama dengan 3.6 coulombs.

Contoh, kalau anda memiliki batere rechargeable (yg mampu diisi ulang) dengan kapasiti 2700 mAh (atau 2.7 AH) dan digunakan untuk menyalakan sebuah alat yg menawan 1 ampere, maka dari itu baterai tersebut (jikalau telah penuh di-charge) bisa menyalakan alat itu selama 2.7 jam.

Makin makin tinggi angka mAh, kian tinggi pula energi kapasitas pada suatu baterai. Biasanya baterai rechargeable memiliki angka mAh diantara 1800mAh hingga dengan 2700mAh, dan bisa dibeli pada size yg berlainan mirip AA, AAA, dan 9V. Dengan tercantumnya angka mAh, kita mampu tau berapa usang baterai tersebut mampu digunakan. Dalam penggunaan biasa, biasanya sekitar 45 menit untuk tiap 100 mAh.

Kamera digital, PDA, digital video dan video game sering dikategorikan selaku alat yang memerlukan baterai dengan mAh yang lebih tinggi. Alat alat tersebut bisa rusak atau tidak befungsi sama sekali jika memakai baterai lazimatau baterai yg mempunyai mAh yg rendah.

Perbedaan antara Voltage dan Amperage.
Voltage ialah berapa banyak listrik yg ada, sedangkan amperage ialah berapa cepat listrik itu mengalir.
Bayangkan jikalau anda sedang menyetir ke bioskop dengan mobil anda. Voltage di teladan ini berperan sebagai “harapan” anda untuk pergi nonton, dan amperage itu yaitu kecepatan anda menuju ke bioskop tersebut.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging