Apa Itu Google Calendar & Cara Menggunakan

 Aplikasi Google Kalender memungkinkan pengguna untuk membuat kalender pribadi atau publik Apa Itu Google Calendar & Cara Menggunakan

Aplikasi Google Kalender memungkinkan pengguna untuk membuat kalender langsung atau publik sehabis terdaftar ke account Google. Membuat akun Google ini gratis, dan Google menyimpan atau memback-up kalender yang anda buat secara otomatis. Ini bermakna bahwa Google menyimpan aplikasi dan info pengguna di servernya sendiri. Pengguna tidak perlu men-download software khusus untuk mengakses kalender – semua kanal bisa lewat browser Web.

Dengan adanya desktop software, pengguna dapat menyimpan informasi ke dalam komputer mereka masing masing, tetapi jikalau hendak megakses ke informasi tersebut mereka mesti memakai komputer yang sama. Google Kalender menyimpan isu anda lewat web, sehingga anda bisa mengakses maupun mengubah kalender anda di komputer manapun yang terhubung ke internet.

Menyimpan kalender anda di internet juga bermakna memungkinkan pengguna lain mampu jalan masuk ke kalender anda jika diizinkan, sehingga sharing program penjadwalan dan melakukan usul menjadi lebih gampang. Google Calendar memiliki beberapa pilihan performa. Anda mampu menentukan untuk menyaksikan kalender menurut hari, ahad, bulan atau cuma empat hari ke depan. Anda juga mampu menentukan penampilan “jadwal”, yang membeberkan semua acara yang dijadwalkan sebagai daftar ketimbang selaku tampilan kalender.

Anda mampu mencatat perjanjian cuma pada header subjek, atau juga menentukan untuk menyertakan detail lebih lanjut. Anda dapat menyertakan lokasi serta deskripsi singkat. Anda juga mampu menggunakan fungsi “repeat” untuk acara yang diadakan secara terencana, mirip rapat mingguan atau program tahunan seperti ulang tahun.

Di google kalender anda juga mampu menyertakan gambar latar belakang (background image) selaku bagian dari tampilan kalendar. Caranya klik Menu (rodagigi yang berada di sebelah kanan atas), kemudian klik Labs lalu aktifkan Background Image terlebih dulu. Setelah itu klik kembali rodagigi, kemudian setting lalu cari ‘Calendar background’. Klik ‘Choose image’ lalu pilih gambar kesukaan anda.

 Aplikasi Google Kalender memungkinkan pengguna untuk membuat kalender pribadi atau publik Apa Itu Google Calendar & Cara Menggunakan

Kalender mempunyai tampilan hari, minggu dan bulan, namun bagaimana jika Anda ingin menyaksikan lebih jauh ke depan? Klik Menu Rodagigi, lalu klik Labs lalu aktifkan ‘Year View’. Setelah itu fitur Year View ini akan tampil di sebelah kanan kalender, anda mampu pilih tahun berapa setelah itu klik ‘Go’.

 Aplikasi Google Kalender memungkinkan pengguna untuk membuat kalender pribadi atau publik Apa Itu Google Calendar & Cara Menggunakan

Jika Anda mempunyai Google Calendar mempunyai arti Anda juga mempunyai Gmail dan ini memungkinkan pengguna kalender lain, seperti Outlook.com atau Windows 8 Calendar dapat berinteraksi mirip meng-invite anda. Mereka hanya perlu meng-add Anda selaku peserta memakai alamat Gmail Anda. Jika baiklah, klik Yes untuk menambahkan event tersebut ke kalender Anda.

 Aplikasi Google Kalender memungkinkan pengguna untuk membuat kalender pribadi atau publik Apa Itu Google Calendar & Cara Menggunakan

Hal ini juga berlaku secara terbalik. Anda mampu mengundang baik pengguna google calendar, Outlook.com maupun pengguna Windows Calendar ke suatu event. Ketika menciptakan event, masukkan alamat email pada kolom ‘Add guests’ di sebelah kanan halaman.

Jika anda ingin meneruskan kerjaan yang belum teratasi, atau melakukan latihan yoga, meditasi, balet dll sampai pada waktu tertentu, Google Calendar membuat fitur terbaru untuk hal ini, yakni ‘Goal’. Klik tanda plus di bawah kanan dan pilih “Goal”. Anda akan ditanya beberapa hal seperti seberapa sering dan untuk berapa lama per ahad anda ingin melakukan latihan tersebut, dan di jam berapa yang berdasarkan anda terbaik. Kalender anda akan mencari dan menciptakan agenda buat anda secara otomatis. Yang menawan pada fitur ini adalah jika anda menjadwalkan sesuatu yang ternyata tumpang tindih dengan acara lain, maka google kalender akan menjadwal-ulang sesuai waktu yang sudah direncanakan sehingga segala sesuatu tidak terlupakan dan dikelola secara rapi.

Fungsi Pencarian (Search Function).

Sebagian besar fungsi-fungsi ini seperti dengan fitur dari produk software kalender lain di internet. Sebagai bab dari upaya untuk membedakan Google Calendar dari para pesaingnya, Google menciptakan fitur lain yang menjadikannya agak berlawanan adalah fungsi penelusuran nya. Di Google Calendar, Anda dapat menggunakan teknologi pencarian Google untuk mencari tidak cuma di kalender Anda sendiri, namun juga di setiap kalender publik pada sistem Google.

Mungkin Anda memiliki beberapa kalender, dan beberapa di antaranya adalah publik dan yang lainnya tidak. Anda dapat menggunakan fungsi pencarian untuk mencari acara atau insiden tertentu dalam kalender Anda. Google Calendar akan mengirim SERP (Search Engine Results Page) memperlihatkan di mana jadwal aktivitas tertentu yang tercatat pada masing-masing kalender Anda.

SMS

Salah satu keunggulan yang dipergunakan Google dari layanan Web yaitu layanan SMS. Pengguna mampu memerintahkan Google Calendar mengirim pesan untuk mengingatkan pengguna akan program atau acara kegiatan yang direncanakannya.

Undangan

Google Calendar anda juga bisa mengirim undangan ke pengguna Google calendar lain. Pertama, Anda mesti menciptakan event terlebih dahulu di kalender anda beserta detail info yang lain. Kemudian, Anda klik pilihan “add guests” lalu isi alamat email tamu yang anda undang di daerah yang ditawarkan. Setelah anda save calendar tersebut, Google Calendar akan mengantarkan e-mail ke daftar email yang anda masukkan tadi.

Jika pengguna memilih untuk berbagi atau menerbitkan kalendernya, pengguna lain mampu meninggalkan komentar di halaman event tersebut. Hal ini memungkinkan orang untuk membicarakan rencana acara yang mau tiba atau menanyakan sesuatu setelah konferensi. Laman event tersebut menjadi lembaga untuk para tamu dan pengunjung kalender.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging