Apakah Semua Aplikasi Di Google Play (Android Market) Kondusif?

Malware ialah ancaman bagi tiap pemilik perangkat android, tetapi sering dikemas dalam aplikasi atau lewat updates yang anda harus install. Jika anda waspada dan melaksanakan sedikit riset maka Anda dapat menghindari ketidak-sengajaan men-download sesuatu yang berbahaya. Berikut yaitu beberapa kiat dasar untuk mempertahankan ponsel Android Anda tetap aman.

Hindari sumber yang tidak diketahui .

Anda memiliki opsi untuk menginstal aplikasi dan game Android dari sumber selain Google Play (adakala diketahui sebagai sideloading). Masalahnya adalah bahwa banyak aplikasi toko pihak ketiga ini tidaklah kondusif.

Jika Anda men-download file APK dan menginstalnya sendiri, Anda mampu saja sedang memasukkan malware pada perangkat Anda. APK file juga mampu terkirim lewat email atau dalam text message (pesan teks), atau Anda bisa diminta untuk menginstalnya setelah mengklik suatu link di browser web Anda. Sebaiknya ini dihindarkan kecuali anda percaya itu aman.

Untuk menyingkir dari instalasi yang tidak sengaja, anda bisa mendisable atau mematikan fitur Unknown Sources, hal ini untuk menangkal anda menginstal aplikasi dari sumber yang tak dikenal.

Caranya: (untuk android 4.0 dan di atas) masuk ke Settings> Security dan pastikan fitur Unknown Sources dinonaktifkan. Untuk versi android yang lama, tekan Settings> Applications dan pastikan kotak Unknown Sources tidak dicentang.

Gunakan Google Play

Google Play, atau dikenal juga dengan Android Market, dirilis pada bulan Oktober 2008, yang didalamnya terdapat sekitar 50 aplikasi. Hari ini, sebanyak 700.000 aplikasi dapat didapatkan di Google Play, namun apakah semua app disana kondusif?

Pada lazimnya , aplikasi dan game di Google Play terbilang aman tapi bukan hanya alasannya adalah tersedia di toko aplikasi Android resmi berarti selalu aman untuk di-download. Pastikan juga bahwa Anda memeriksa ratingnya dan membaca review/ulasan dari pengguna lain pada setiap aplikasi. Jangan hanya mengandalkan Google Play review saja sebab penilaian app store tidak senantiasa akurat.

Biasanya, makin tinggi atau banyaknya rating dan download pada sebuah aplikasi, kemungkinan besar lebih kondusif untuk di-download. Risiko paling besar yakni yang dari produk/rilis terbaru yang dimana pastinya mempunyai sungguh sedikit feedback. Jika belum diunduh berkali-kali dan tidak banyak feedback maka semestinya dilakukan sedikit penelitian sebelum Anda men-downloadnya.

Cari app review online.

Cara lain untuk mencari tau apakah suatu app itu kondusif mampu dengan melakukan pencarian web. Pastikan bahwa pengembang dan / atau penerbit applikasi tersebut mempunyai website yang sah. Lebih cantik lagi jikalau terdapat review atau diskusinya di forum. Semakin banyak sumber terpisah yang sukses anda cari maka akan lebih baik.

Pastikan bahwa Anda menemukan aplikasi yang benar. Beberapa penulis malware akan membuat aplikasi yang dirancang untuk tampaksama persis seperti yang ditampilkan pada app lain yang terkenal. Periksa nama aplikasi, pengembang, dan penerbitnya.

Perhatikan seruan hak saluran suatu aplikasi

Jika sedang menginstal suatu aplikasi pada umumnya orang tidak mau ambil sakit kepala dan cuma menekan next next next, padahal android anda ada membeberkan daftar permintaan hak kanal dari suatu aplikasi pada ponsel anda. Sayangnya masih banyak pengguna tidak selalu memahami mengapa sebuah aplikasi memerlukan akses pada bagian-bagian tertentu, dan kadang sukar membedakan antara alasan yang masuk nalar dengan undangan yang mencurigakan.

Cobalah mencari tau mengapa sebuah app perlu masuk ke bagian tertentu, jikalau terlihat tidak masuk nalar, semestinya jangan di-instal. Contoh, apakah sebuah app perlu melacak keberadaan anda? apakah internet access diperlukan? apakah izin melakukan panggilan atau mengantarpesan diperlukan? ada beberapa app juga meminta izin untuk mengubah dan menghapus data pada ponsel anda.

Sebagian aplikasi mungkin ingin “Akses internet sarat ” semoga dapat memperlihatkan iklan. Ada juga yang ingin “mengenali keadaan ponsel dan identitas” untuk menentukan kapan Anda sedang menelepon. Apa yang sebaiknya diperhatikan yakni aplikasi yg meminta izin untuk mengakses ke bab-bagian yang seharusnya tidak mereka perlukan. Berhati-hati jugalah terhadap aplikasi yang izin ingin mampu melaksanakan panggilan, mengirim pesan, atau membaca data kontak.

Jika ragu, anda bisa lakukan penelusuran Web terkait izin yang bersangkutan biar Anda bisa mendapatkan isu lebih lanjut.

Periksa updates sebelum menginstal

Banyak orang yang waspada ketika pertama kali menginstal sebuah aplikasi, namun sehabis mereka memilikinya pada perangkatnya mereka merasa puas dan aman ihwal menginstal updatenya. Kalau mau lebih aman, periksa app review modern tentang app anda di Google Play untuk mencari tau apakah sebuah update pantas diinstal.

Anda juga harus ingat bahwa suatu update mampu request/meminta izin baru untuk mengakses. Aplikasi original mungkin sudah dicap sah, namun bisa saja sebuah update berpotensial buruk bila diinstal. Penulis malware telah banyak membohongi pengguna lewat reputasi appnya yang disalahgunakan.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging