Apa Kegunaan Bluetooth & Cara Kerjanya

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio berenergi rendah untuk mengantardata nirkabel di antara perangkat berkemampuan Bluetooth. Ini mirip dengan Wi-Fi alasannya beroperasi melalui gelombang radio. Namun, Bluetooth mampu bekerja di antara dua perangkat yang diaktifkan dan tidak memerlukan peralatan jaringan aksesori mirip router atau modem, sehingga menjadi pilihan terkenal untuk mengantardata antara perangkat elektronik dalam jarak akrab. Bluetooth melakukan pekerjaan dalam jarak maksimum sekitar 50 meter antara perangkat, namun rentang itu lebih dari cukup untuk banyak aplikasi elektro rumahan, kendaraan beroda empat, kesehatan, dan pelanggan.

Komputer

Saat diintegrasikan ke dalam komputer dan periferal langsung, Bluetooth dapat menghubungkan laptop atau desktop ke perangkat mirip mouse, keyboard atau speaker tanpa mesti menggunakan kabel. Selain itu, Bluetooth mampu dipakai untuk mentransfer file antara dua komputer yang mempunyai chip Bluetooth atau mengantardokumen ke printer nirkabel yang diaktifkan. Jangka pendek Bluetooth membuatnya ideal untuk situasi kantor dengan beberapa perangkat yang diaktifkan dalam jarak akrab, dan teknologinya juga dapat digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke perangkat mobile seperti tablet dan ponsel pintar untuk keperluan kantor.

Rumah dan Mobil

Di rumah dengan perangkat berkemampuan Bluetooth, pengguna mampu secara nirkabel mengontrol pengaturan termostat, alarm, perlengkapan rumah tangga dan lampu dari lokasi pusat. Untuk hiburan rumah, teknologi ini dapat menghubungkan semua komponen home theater tanpa kabel atau streaming audio atau video dari perangkat mobile atau komputer ke TV atau speaker. Saat Anda sedang dalam perjalanan, Bluetooth juga mampu menghubungkan perangkat yang diaktifkan ke panel elektronik mobil Anda, sehingga Anda mampu menjawab telepon seluler, memutar musik dari perangkat mobile atau mendapatkan isyarat arah dari perangkat GPS pribadi dari layar navigasi mobil Anda.

Kesehatan

Sambungan nirkabel yang dimungkinkan oleh Bluetooth mampu secara otomatis mencatat gosip dari peralatan medis seperti stetoskop, alat pacu jantung atau monitor glukosa ke komputer atau log elektronik, sehingga meminimalkan waktu dokter dan pasien dan menciptakan peralatan medis lebih mudah diakses. Peralatan fitness berkemampuan Bluetooth mampu mempermudah pengguna mengikuti rutinitas olahraga, dengan monitor detektor jantung dan pelacak GPS yang secara otomatis melaporkan routes atau kalori yang terbakar ke ponsel pintar, atau headphone stereo yang memutar musik dari perangkat mobile tanpa kabel.

Elektronik Konsumen

Elektronik pelanggan berkemampuan Bluetooth mirip telepon, kamera, televisi, speaker dan headphone mempermudah membuatkan data antar perangkat. Telepon selular Bluetooth, misalnya, mampu terhubung secara nirkabel ke headset semoga panggilan handsfree lebih gampang atau mampu mengantargambar ke telepon lain atau komputer. Dalam masalah telepon seluler dengan koneksi Internet, Bluetooth dapat dipakai untuk mengumpulkan info di telepon yang kemudian dikirim lewat Web.

Ada dua teknologi Bluetooth, Basic Rate / Enhanced Data Rate (BR / EDR) dan Low Energy (LE).

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio berenergi rendah untu Apa Kegunaan Bluetooth & Cara Kerjanya

Poin ke poin
Bluetooth BR / EDR memungkinkan koneksi nirkabel terus menerus dan menggunakan topologi jaringan point-to-point (P2P) untuk menciptakan komunikasi perangkat one-to-one (1: 1). Streaming audio Bluetooth BR / EDR sangat ideal untuk speaker nirkabel, headset dan peralatan hands-free pada sistim dalam kendaraan.

Energi Rendah (LE)
Bluetooth LE memungkinkan koneksi nirkabel pendek dan menggunakan beberapa topologi jaringan, tergolong titik-ke-titik, broadcast dan mesh.

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio berenergi rendah untu Apa Kegunaan Bluetooth & Cara Kerjanya
  • Poin ke poin
    Point-to-point (P2P) ialah topologi jaringan yang digunakan untuk membuat komunikasi perangkat one-to-one (1: 1). Topologi Bluetooth LE P2P sungguh ideal untuk transfer data dan cocok untuk produk perangkat yang terhubung, seperti pelacak fitness dan monitor kesehatan.
  • Broadcast
    Broadcast adalah topologi jaringan yang membentuk komunikasi perangkat one-to-many (1: m). Topologi siaran Bluetooth LE mengoptimalkan pembagian informasi setempat, sehingga ideal untuk penyelesaian suar, mirip berita point-of-interest (PoI) dan layanan pencarian barang.
    Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio berenergi rendah untu Apa Kegunaan Bluetooth & Cara Kerjanya
  • MeshMesh yaitu topologi jaringan untuk komunikasi perangkat many-to-many (m: m). Bluetooth LE mesh topology menciptakan jaringan perangkat berskala besar yang dibentuk khusus untuk otomasi bangunan, jaringan sensor, pelacakan aset dan penyelesaian mana pun di mana beberapa perangkat perlu berkomunikasi dengan mahir dan kondusif satu sama lain.
Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio berenergi rendah untu Apa Kegunaan Bluetooth & Cara Kerjanya
seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging