Cara Mengecek Reputasi Sebuah Situs Web

Di Web ketika ini banyak sekali ancaman dari hal-hal yg amat mengganggu hingga ke yg berbahaya mirip dari hal yang paling biasa ialah email spam, penipuan, hingga ke virus-virus ataupun spyware berbahaya yang menyerang dan tersebar pada banyak situs yang tertular. Karena itu, ini membuat para pengguna web harus lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan internet.

Saya yakin banyak diantara kalian yg tidak tau cara mengevaluasi reputasi suatu situs atau situs web, apakah situs tersebut berbahaya ataupun telah di blacklist sebab hal-hal tertentu. Mengetahui hal ini sangatlah penting terlebih buat anda yang mau bekerja sama dengannya mirip pemasangan iklan di tempatnya, melakukan pertukaran link (links exchange) ataupun bagi yang hendak berbelanja nama registered domain. Bagi anda yang mau pindah ke server gres atau perusahaan hosting gres anda juga perlu memastikan bahwa alamat IP mereka bersih dan kondusif.

Salah satu alat atau tool yang berguna untuk menolong hal ini yakni BlacklistAlert.org, anda bisa memakai alat ini untuk meyelidiki apakah situs anda sendiri juga telah diblacklist. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu memasukkan nama domain anda pada kotak kosong yg disediakan setelah itu tool tersebut akan mulai mengeceknya. Jika pada risikonya status anda OK, maka situs anda kondusif-aman saja, namun jika tidak OK maka semestinya disana juga ada klarifikasi mengapa. Alat lain yang mampu dipakai untuk hal ini yaitu dengan melalui situs mxtoolbox. Jika website anda tercantumkan di dalamnya (alias di blacklist), anda bisa cari tau bagaimana cara untuk mengeluarkan situs web anda dari dalam daftar. Cara memeriksa apakah sebuah situs di banned oleh Google/Adsense bisa lewat bannedcheck.

Untuk memeriksa apakah suatu situs sedang down untuk semuanya atau hanya anda saja yang tidak bisa mengaksesnya, anda mampu menggunakan tool ini downforeveryoneorjustme.com. Kadang banyak orang yang berpikir bahwa mereka tidak mampu mengakses suatu situs alasannya situs tersebut lagi down padahal DNS atau IP mereka yang berurusan.

Untuk menganalisa pagerank, kata kuncidensity, meta tags, backlinks, link popularity, social services (dan banyak lagi) pada sebuah website anda mampu mencobanya lewat testeveryhing. Tool ini dibagi menjadi 8 katogori dan anda mampu menjajal seluruhnya dari ping tester hingga yang ke graphic generator.

Website yang “kondusif dan benar” semestinya memiliki halaman contact yang tertera nomor telepon dan alamat perusahaan. Anda juga bisa check berita yang lain melalui whois search dan liat apakah info keduanya sama. Banyak situs yang tidak terperinci menyatakan bahwa keberadaan mereka ada di US tetapi setelah di check meggunakan tool itu ternyata tidak benar.

Faktor penting lainnya untuk memilih apakah suatu situs web itu “aman” adalah dari umur websitenya itu sendiri. Website scam dan penipuan sering ditemukan hanya berumur beberapa bulan saja. Jika website yang serius dalam buka usaha biasanya dia register nama domainnya beberapa tahun sebelumnya.

Salah satu tips lainnya yang tidak kalah penting adalah mengecek tetangga2nya dalam hosting beliau lewat IP search. Banyak website yang ditujukan untuk penipuan berada dalam shared IP address. Anda perlu waspasa bila tetangga-tetangga nya keliatan aneh dan mencurigakan.

Gunakan akal sehat dan hindari segala penawaran yang manjanjikan hal-hal yang terlalu hebat untuk suatu kenyataan. Perhatikan logo Veri-Sign pada suatu situs web, logo tersebut biasanya dimiliki sebuah situs web yang terpercaya dan umumnya logo tersebut terletak di bawah halaman atau di footer. Klik link tersebut untuk memutuskan apakah situs web itu legal sebelum melanjutkan transaksi.

Hendak mengembangkan pengalaman anda tentang hal ini? Ada rekomendasi tool lain? mampu dishare disini.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging