Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Keuntungan usaha bengkel motor memang sangatlah menggiurkan. Terlebih kian hari kendaraan roda dua ini semakin bertambah dan berbanyak macam tipe.

Cari tahu juga mengenai kelemahan usaha bengkel motor, rincian modal usaha bengkel motor, analisa usaha bengkel motor, resiko usaha bengkel, pendapatan bengkel motor, keuntungan usaha bengkel mobil, cara mencari mekanik bengkel motor, kebutuhan bengkel motor

Lihat Juga resiko usaha bengkel

Usaha Bengkel Motor menjadi jalan keluar agar bisa mendapatkan penghasilan. Jadi untuk Anda yang ingin memperdalam usaha ini saat sebelum Anda betul – betul terjun ke usaha bengkel motor. maka sebaiknya segera dilakukan.

Apalagi. Pemasaran motor semakin hari semakin cepat kelihatannya lurus sebanding dengan tingkat keinginan dan daya membeli warga yang memang ingin beli motor keluaran terkini karena harga yang dapat dijangkau.

Harga yang murah dan mode yang modern membuat beberapa orang selalu ingin beli motor keluaran terkini. Anda tidak boleh terkejut bila banyak warga kita saat ini yang mempunyai lebih satu motor pada sebuah rumah.

Bahkan juga berdasar sebagian survei yang sempat dilaksanakan untuk kota-kota besar yang berada di Indonesia. Tingkat pemasaran motor setiap dealer selalu alami kenaikan pemasaran motor tiap tahunnya.

Jumlahnya kendaraan motor yang ada kelihatannya dapat munculkan peluang usaha baru yaitu usaha bengkel motor yang mana tawarkan jasa servis motor serta pejualan spart part motor yang mana akan sering diperlukan oleh beberapa pemilik motor.

Apakah sudah Anda memikirkan akan fragmen pasar yang tercipta lewat cara natural bila Anda bisa tangkap peluang usaha bengkel yang tentu saja dapat Anda tekuni untuk memperoleh pendapatan baru.

Jumlahnya pemilik motor yang ada tentu saja memerlukan tempat servis motor dan tempat pemasaran aksesori motor serta bengkel yang dapat memberikan seluruh keperluan yang diperlukan untuk motor.

Lihat Juga Kelemahan Usaha Bengkel Motor yang Harus Diketahui

Saslah satu Keuntungan Usaha Bengkel Motor di antaranya yang lain tentunya adalah karena Membangun bengkel motor sendiri tidak memerlukan lokasi yang luas dan perlengkapan yang komplet. Semua perlengkapan itu dapat Anda melengkapi seiring waktu berjalan dikit demi sedikit. 

Bahkan juga untuk Anda yang tidak mempunyai kekuatan dalam sektor otomotif juga dapat membangun bengkel motor dengan mengambil beberapa teknisi yang andal dan mempunyai kekuatan oke di bindang otomotif.

Keperluan akan teknisi yang andal ini juga disokong dengan kehadiran sekolah SMK Teknik Otomotif yang mana banyak luluskan pelajar dan siswi yang mempunyai kekuatan khusus di bagian otomotif serta siap masuk ke dunia kerja

Sekolah SMK Teknik Otomotif juga saat ini menjadi satu diantara sekolah favorite karena cetak pelajar dan siswi yang siap masuk ke dunia kerja. Hal ini juga lah yang membuat beberapa orangtua yang mempunyai cita – cita anaknya dapat sekolah di SMK.

Cari tahu juga perlengkapan bengkel motor pemula, cara membuka bengkel motor dengan modal kecil, bengkel motor yang masih buka, bengkel motor yg masih buka, cara menata ruangan bengkel, analisa usaha bengkel motor, perhitungan usaha bengkel motor

Jumlahnya alumnus SMK ini makin memeriahkan semangat untuk mempunyai jiwa pebisnis karena banyak juga alumnus SMK yang membangun bengkel motor sendiri setelah lulus dari kursi sekolah.

Ada juga beberapa argumen dasar yang melatarbelakangi mengapa banyak pelajar atau siswi yang sekolah SMK satu diantaranya cita-citanya adalah ingin selekasnya mempunyai sebuah tugas seperti mempunyai bengkel motor.

Hal ini juga dilirik oleh beberapa dealer untuk lakukan kerja sama dengan beberapa sekolah SMK untuk mengambil alumnus SMK untuk di karyakan di dealer motor sah yang mempunyai kerja sama dari pihak pabrikasi motor.

Pihak pabrikasi mulai melirik pasar otomotif ini dengan membangun bengkel sah di tiap kecamatan, kabupaten serta propinsi yang mana juga bisa dikelolah oleh orang yang ingin membangun usaha bengkel.

Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Keuntungan Usaha Bengkel Motor
Keuntungan Usaha Bengkel Motor

Perkiraan Keuntungan yang didapat dari Usaha Bengkel Motor

  • 2 konsumen setia service berat motor non-bebek 210.000 x 2 = Rp 420.000
  • 2 konsumen setia service enteng motor bebek: Rp 40.000 x 2 = Rp 80.000
  • 1 konsumen setia service berat motor bebek: Rp 150.000 x 1 = Rp 150.000
  • Keuntungan pemasaran bengkel motor untuk sparepart dan pelumas dalam satu hari = Rp 100.000
  • Keseluruhan penghasilan kotor bengkel motor dalam satu hari = Rp 750.000
  • Dalam kurun waktu 24 hari penghasilan kotor bengkel motor = 750.000 x 24 = Rp 18.000.000
  • LBS = O – BO = Rp 18.000.000 – Rp Rp. 6.850.000 = Rp 11.150.000
  • LBS x 12 Bulan = Rp. 11.150.000 x 12 = Rp. 133.800.000

Info :

  • LBS : Keuntungan Bersih Satu bulan
  • O : Omzet
  • BO : Ongkos Operasional

Karena itu keuntungan yang dapat Anda peroleh dari usaha bengkel motor sepanjang satu tahun ialah Rp. 133.800.000. Tapi ini semua dapat Anda peroleh bila konsumen setia bengkel Anda ramai tiap hari dan stabil memperoleh omzet Rp 750.000 dalam satu hari.

Lihat Juga Souvenir Pernikahan Murah Harga 5000 yang Unik dan Cantik

Itukan cuman perhitungan kotor yang tidak sesuai realita! Tidak boleh patah semangat dahulu saat sebelum coba karena tidak berhasil ialah langkah pertama Anda ke arah sukses pada sebuah sektor yang Anda rintis.

Keuntungan yang Didapat dari Usaha Bengkel Motor

Tiap orang ingin membuka usaha pasti pikirkan berapakah keuntungan yang dapat didapat dari sebuah usaha yang ia rintis. Pertanyaannya berapakah sich keuntungan yang dapat didapat dari bengkel motor? Kali ini penulis akan memberikan perincian keuntungan yang dapat didapatnya seperti berikut :

Keuntungan dari bengkel motor ini dapat dihitung dari besarnya ongkos jasa servis yang Anda tentukan tentu saja. Sama dalam contoh berikut di bawah ini sebagai harga jasa yang dapat Anda jadika referensi

1. Harga Jasa Servis Motor non-bebek 250 cc ke atas

  • Service enteng: Rp 150.000
  • Service berat: Rp 260.000

2. Harga Jasa Servis Motor non-bebek 250 cc

  • Service enteng: Rp 100.000
  • Service berat: Rp 210.000

3. Harga Jasa Servis Motor bebek

  • Service enteng: Rp 40.000
  • Service berat: Rp 150.000

4. Harga Jasa Servis Motor non-bebek di bawah 250 cc

  • Service enteng: Rp 60.000
  • Service berat: Rp 170.000

NB : Harga yang penulis beri bisa jadi berbeda setiap daerah tempat Anda tinggal. Harus diingat harga yang tercantum di atas ialah cuman harga jasa servis motor saja . Maka Anda bisa menambahkan pendapatan dari yang lain seperti berjualan spart part motor dan pernak pernik yang terkait dengan motor.

Panduan Sukses Membangun Bengkel Motor

Besarnya peluang usaha bengkel ini juga bisa menjadi satu diantara jalan Anda ke arah kemapanan secara ekonomi tapi juga bisa jadi boomerang untuk Anda bila tidak jeli dan cermat dalam membangun bengkel motor.

Karena itu penulis akan membagi beberapa panduan tepat dalam membangun bengkel motor yang dapat Anda menjadikan referensi dasar saat sebelum menguatkan niat mengeluti usaha bengkel motor untuk tugas khusus.

1. Lokasi Bengkel Motor

Bukan rahasia kembali bila tentukan lokasi usaha itu ialah kunci kesuksesannya beberapa penggusaha yang telah mendapatkan uang beberapa ratus juta setiap bulannya. Karena itu Anda dapat mengawali untuk lakukan survei secara dalam dan penghitungan yang masak saat sebelum menetukan sebuah lokasi Bengkel Motor.

Karena makin taktiksnya lokasi bengkel motor maka lurus sebanding dengan uang yang hendak didapkan setiap bulannya. Untuk itu kadang ada lokasi yang mempunyai lokasi vital dikontrakkan pada harga yang mahal karena sang pemilik tahu bila tempatnya vital dan dapat mendapatkan banyak uang bila dibikin tempat usaha bengkel.

2. Survei Pesaing Bengkel Motor

Survei pesaing ini harus Anda kerjakan saat sebelum penetapan lokasi benkel motor. Survei ini nanti menjadi bahan pemikiran untuk Anda untuk dapat hitung seberapa banyak customer mendatang ke bengkel motor Anda.

Untuk sebuah bengkel motor baru pasti memerlukan beberapa treatment khusus untuk menari beberapa konsumen setia dan memberikan rasa yakin dari mereka untuk dapat tiba kembali lagi ke bengkel.

Dengan hasil survei ini juga Anda dapat jaga jarak aman dari pesaing Anda hingga membuat sebuah kompetitoran usaha bengkel motor yang sehat dan tidak sama-sama jatuhkan keduanya.

3. Tetapkan Sasaran Customer Bengkel Motor

Penetapan sasaran customer ini penting karenanya sasaran customer ini nanti Anda dapat menetapkan harga servis motor serta beragam jenis ornament / produk untuk motor tersebut.

Penetapan harga ini nanti akan memengaruhi jumlahnya uang yang masuk tiap bulannya kerekening Anda. Serta bisa jadi modal untuk peningkatan bengkel untuk lebih bagus dari ide awalnya pertama kalinya bengkel berdiri.

Mengapa harus ada peningkatan? Jawabannya karena tehnologi motor dari pabrikasi terus alami up-grade mekanisme yang mana pihak bengkel harus dapat dan sanggup bila lakukan servis pada motor keluaran terkini.

Hingga peluang usaha bengkel tetap ramai karena semua tipe motor dapat dilayani secara baik. Walau itu motor keluaran lama dan motor keluaran terkini masih tetap dapat diberikan servis terbaik.

Bila dapat lakukan hal ini karena itu tidak boleh terkejut bila nanti bengkel motor yang Anda rintis menjadi bengkel sah dari pabrikasi motor yang mana dapat membuat bengkel makin ramai dan sanggup berkompetisi dengan bengkel – bengkel yang telah lama berdiri.

4. Penetapan Nama Bengkel Motor

Panduan membangun bengkel motor yang ke-empat adalah penetapan nama bengkel motor. Nama bengkel ini juga penting karenanya nama yang bengkel yang baik karena itu customer semakin lebih gampang ingat bengkel motor Anda.

Upayakan untuk membikin nama bengkel yang gampang dikenang oleh calon konsumen setia bengkel Anda. Anda harus juga lihat saat penyeleksian nama bengkel motor harus ada perwakilan kata dari hal – hal yang berkaitan dengan dunia otomotif.

5. Seragam Karyawan Bengkel Motor

Pemakaian seragam untuk karyawan bengkel motor ini mempunyai peranan media promo ke calon konsumen setia kita nanti. Upayakan membuat seragam motor dengan formasi warna yang memikat serta mempunyai keunikan tertentu.

Pada tiap seragam janganlah lupa untuk Anda sertakan nama bengkel motor Anda dengan tulisan yang gampang dibaca supaya bisa menancap di pemikiran tiap customer yang membacanya.

Dengan kenakan seragam bengkel ini bisa juga menambahkan rasa optimis dan rasa senang dari beberapa karyawan bengkel sebab bisa jadi karyawan dari bengkel motor yang Anda punyai.

Itu 5 panduan dalam membangun bengkel motor yang dapat Anda menjadikan referensi saat sebelum Anda betul – betul serius memperdalam peluang usaha bengkel untuk Anda untuk jadikan tugas khusus.

Perincian / Analisa Modal Usaha Bengkel Motor

Tiap usaha pasti memerlukan modal, modal sendiri bukan hanya modal uang saja tapi juga modal waktu, modal tenaga dan modal pemikiran untuk mengawali dan jalankan bengkel motor.

Perincian Modal Awalnya Bengkel Motor

1. Sewa Tempat / Perbaikan

  • Sewa tempat : Rp. 30.000.000
  • Perbaikan : Rp. 20.000.000
  • Keseluruhan Modal : Rp. 50.000.000

NB : Modal yang dikeluarkan di sini dapat semakin murah bila Anda telah mempunyai tempat sendiri hingga tak lagi keluarkan dana untuk sewa lokasi bengkel motor yang hendak Anda rintis nanti.

Anda pun tidak dipusingkan dengan ongkos sewa tempat / ruko yang hendak naik setiap tahunnya dari sang pemilik tempat. Hingga Anda juga tak perlu untuk menaikan ongkos biaya servis motor ke beberapa konsumen setia bengkel motor.

2. Berbelanja Alat Untuk Kepentingan Operasional Bengkel Motor

  • 1 set kunci cocok: Rp 450.000
  • Compressor udara: Rp 1.500.000
  • Gerinda duduk: Rp 200.000
  • Kunci bintang: Rp 50.000
  • Kunci dan batang shok: Rp 200.000
  • 1 set kunci L: Rp 185.000
  • Palu besi dan karet: Rp 150.000
  • Pahat: Rp 25.000
  • 1 set kunci T: Rp 200.000
  • 1 set kunci Y cabang 3: Rp 60.000
  • 1 set kunci cocok ring: Rp 550.000
  • 1 set kunci ring: Rp 200.000
  • Kunci Inggris 45mm: Rp 150.000
  • Kunci busi motor bebek 3 tipe: Rp 100.000
  • 1 set obeng minus dan plus: Rp 120.000
  • Gergaji besi: Rp 75.000
  • Ragum: Rp 500.000
  • Obeng ketuk: Rp 150.000
  • Tang capit, potong, buaya, sklip membuka dan sklip tutup: Rp 200.000
  • Tang steel: Rp 120.000
  • Gerinda tangan: Rp 500.000
  • Bor tangan: Rp 400.000
  • Keseluruhan: Rp 6.085.000

NB : Untuk berbelanja alat untuk kepentingan operasional bengkel motor ini akan bervariatif karena harga perlengkapan pasti peralihan setiap kota tempat Anda tinggal. Harga yang kami infokan ialah harga alat berbelanja alat untuk kepentingan operasional bengkel motor di saat artikel ini dibikin.

Anda bisa juga bisa menambah atau kurangi jumlah alat yang perlu Anda membeli. Semua kembali ke kekuatan modal yang Anda punyai, karena ini dapat Anda membeli dengan bertahap tidak harus langsung membeli selengkapnya.

3. Ongkos Operasional Bengkel Motor

  • Listrik : Rp. 300.000
  • Air : Rp. 50.000
  • Teknisi : Rp. 3.500.000
  • Admin : Rp. 2000.000
  • Ongkos lain – lain : Rp. 1.000.000
  • Keseluruhan : Rp. 6.850.000

NB : Tentu Anda akan berpikir lumayan besar ya ongkos operasional saja dapat Rp. 6.850.000. Ongkos yang mahal itu dapat dipotong bila Anda ingin terjun sendiri sebagai teknisi dan sekalian merangkap sebagai Admin.

Jika nanti bengkel motor yang Anda rintis telah memperoleh banyak konsumen setia dan penghasilan yang dirasakan cukup jadi tidak ada kelirunya Anda mulai mengambil teknisi dan Admin.

Untuk mengambil Admin upayakan untuk orang yang dapat Anda yakin karena ini terkait dengan uang. Bukan rahasia kembali bila banyak pelaku Admin yang nakal hingga mengelapkan uang bengkel.

Sebaiknya Anda mengambil Admin dari orang paling dekat Anda seumpama Anak, Istri atau juga bisa saudara kandungan. Dengan begitu Anda tak perlu was – was akan keuangan yang berada di Bengkel.

4. Keseluruhan Modal Awalnya : Rp. 62.935.000

Modal yang besar ini bisa Anda perkecil dengan kurangi beberapa poin yang disebutkan dalam artikel. Anda dapat memprioritaskan poin apa yang perlu dibeli terlebih dahulu dan yang mana dapat susul selanjutnya hingga dapat tekan modal awalan yang besar.

Demikian uraia dari artikel Keuntungan Usaha Bengkel Motor serta Analisa Peluang Usaha Bengkel Motor (Penghitungan Modal dan Keuntungan). Mudah-mudahan berguna buat anda semua khususnya yang tertarik buka usaha bengkel motor, Serta menjadi motivasi baru dan ide untuk Anda yang saat ini kembali cari peluang usaha apa yang pas dan cepat balik modal serta dapat datangkan keuntungan sehari-harinya.

Cari tahu juga mengenai usaha sparepart motor tanpa modal, contoh cara usaha bengkel motor, bengkel motor adalah jenis usaha yang menghasilkan, cara menentukan harga jual spare part motor, desain bengkel mobil sederhana, resiko usaha bengkel, desain toko variasi motor.

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging