Opal, Adonan Keindahan Semua Permata

Opal merupakan batu permata lain daripada yang lain Opal, Gabungan Keindahan Semua Permata
Opal ialah batu permata lain daripada lainnya. Batu mulia ini mempunyai sifat optik yang sungguh unik. Opal mulia (precious opal) ini menampilkan warna pelangi (pergeseran warna sesuai sudut pengamatan) dalam bentuk cabochon bundar. Pada tahun 1960-an, oleh sebuah tim ilmuwan Australia Opal dianalisis dengan mikroskop elektron dan mendapatkan penyebab unik sifat optiknya. Ditemukan bulatan kecil dari bahan silika gel di dalamnya yang menjadikan terjadinya interferensi warna dan pembiasan, sesuatu yang paling bertanggung jawab atas aksara menakjubkan warna. Bulatan, yang disusun oleh lebih atau kurang struktur kompak, memotong cahaya yang melaluinya.

Opal berdasarkan definisinya yaitu silikon dioksida terhidrasi yang terdiri dari tiga hingga tiga puluh persen air. Karakteristik kelembutan relatifnya berada pada peringkat 5,5-6,5, yang mempunyai arti kerikil ini harus mendapatkan perawatan khusus.

Opal yaitu watu kelahiran bagi mereka yang lahir di bulan Oktober.

Warna Opal

Beberapa warna watu Opal diantaranya yaitu warna putih, tidak berwarna, kuning pucat, pucat merah, dan debu-bubuk atau hitam. Difraksi dapat menyebabkannya memancarkan semua warna pelangi. Cahaya memasuki watu opal, dibelokkan di sekeliling tepi oleh partikel-partikel silika terhidrasi maupun “chip” silikon dan oksigen yang tersuspensi pada air di dalamnya, yang jika terdifraksi, cahaya yang terdiri dari semua warna dengan panjang gelombang masing-masing akan menciptakan warna yang berlawanan-beda.

Opal Mulia (Precious Opal) memperlihatkan warna pelangi sebagaimana perubahan sudut observasi, dan akan semakin terang dalam bentuk terpotong bulat.

Opal Hitam (Black Opal), ialah opal berharga dengan warna badan hitam.

Opal Semi Hitam (Semi Black Opal) atau Opal Abu-Abu, opal berguna dengan warna tubuh gelap.

Opal Putih (White Opal), opal berharga dengan warna putih atau warna jelas.

Opal Kristal (Crystal Opal), opal transparan hingga semitransparan dengan tubuh yang tak berwarna tetapi mengalami efek permainan warna.

Opal Hitam Kristal (Black Crystal Opal), opal transparan sampai semitransparan dengan warna tubuh gelap dan mengalami efek permainan warna.

Opal Api (Fire Opal), opal transparan hingga semitransparan dengan warna tubuh kuning, oranye, atau merah yang sesekali mengalami permainan warna. Juga disebut Mexican Opal atau Sun Opal.

Harlequin Opal, transparan hingga tembus cahaya, opal berharga dengan mosaik yang efektif sebagaimana pola warna. Sangat dipertimbangkan diantara kerikil opal yang paling dicari.

Jelly Opal, debu-bubuk kebiruan, opal berguna dengan sedikit permainan warna.

Boulder Opal, merupakan batu yang sungguh gelap seperti dengan Opal Hitam, dapat digunakan menciptakan api. Terjadi secara alami yang menjadikan nilainya tinggi.

Common Opal, juga disebut potch, yaitu opal yang buram, jarang tembus dan tidak memperlihatkan permainan warna.

Opal Agate, adalah kerikil Agate (akik) dengan lapisan opal yang terang dan gelap.

Angel Skin Opal, sebuah nama untuk palygorskite, silikat mineral buram berwarna keputihan sampai merah muda.

Girasol, opal transparan kebiruan, hampir tak berwarna

Opal Madu (Honey Opal), opal berwarna kuning-madu tembus cahaya.

Hyalite, opal kaca atau watu air, tidak berwarna, opal jernih dengan kemilau yang sungguh besar lengan berkuasa.

Hydrophane, opal susu yang sudah berganti keruh akibat kehilangan air. Melalui peresapan air, opal ini mampu kembali tembus cahaya dan mengalami permainan warna.

Opal Porselen (Porcelaine Opal), opal putih susu buram.

Prase opal, opal apel hijau.

Moss opal, opal susu dengan dendrit.

Wax Opal, opal kuning-cokelat dengan kilau laksana lilin.

Opal Kayu (Wood Opal), opal kekuningan atau kecoklatan sebagaimana kayu yang sudah menjadi fosil.

Membeli dan Memelihara Opal

Permainan warna, warna tubuh dan transparansi adalah persyaratan yang menentukan harga opal yang berguna.

Opal yaitu kerikil permata yang halus. Kelemahan mereka yang utamanya adalah berhubungan dengan kadar air. Jika opal menjadi kering, akan gampang retak dan memudar. Jika kita tinggal di iklim yang sangat kering, atau menyimpannya dalam ruangan yang tidak lembab, beberapa langkah-langkah pencegahan dibutuhkan, ialah menjaganya dalam kantong plastik ketat dengan sepotong kapas berair atau kain yang berfungsi menghalangi kekurangan cairan tubuh. Karena kadar air mereka pula, opal sungguh sensitif kepada pergeseran suhu secara tiba-tiba.

Karena lembut, opal akan tergores dengan gampang. Sadarilah bahwa bagian debu biasa yakni kuarsa di kekerasan 7 skala Mohs, sehingga pada kekerasan 5,5-6, cukup menyeka abu saja kemilau kerikil opal akan menyusut secara bertahap. Solusinya adalah untuk membersihkan opal Anda harus menggunakan kain yang lembut tanpa debu.

Opal sering diresapi dengan minyak, lilin, atau plastik.

Opal paling sesuai untuk anting-anting, bros, dan liontin.

Warna

Permainan warna dan saturasi warna badan menandai perbedaan.

Tata Cahaya

Penampakan opal terbaik adalah di siang hari (sehabis matahari terbit dan sebelum matahari terbenam), yang mau menunjukkan permainan warna yang hebat.


Potongan

Kebanyakan diiris lingkaran atau cabochon.
Opal Api bermutu baik umumnya yakni yang di-facetted (iris-iris persegi banyak).

Penambangan Opal

Deposit opal yang paling populer terletak di Australia. Sekitar 95 persen dari pasokan Opal Putih dunia berguna ditambang di sana. Deposit di negara bagian New South Wales diantaranya adalah Lightning Ridge dan White Cliffs,sedangkan di South Australia adalah Coober Peddy dan Andamooka. Berbagai deposit juga ditemukan di Queensland.

Deposit lain ditemukan di Brazil, Guatemala, Honduras, Indonesia, Jepang, Meksiko, Rusia dan Amerika Serikat (Idaho dan Nevada).

Opal terkenal di dunia

“Big Ben”, Precious Opal Putih seberat lebih dari 800 gram atau 4.000 karat, ditemukan di Lightning Ridge.

“Sinar Dunia”, Precious Opal Putih seberat 40 gram atau 2.250 karat, didapatkan di Australia juga, dianggap sebagai Precious Opal yang paling putih sepanjang era.

“Desert Andamooka Flame”, dengan berat 6.843 kilogram, merupakan opal terbesar yang pernah dibawa ke cahaya siang hari.

Opal Gemology

Spesies: Opal
Warna: Semua warna, sebagian bermain warna
Komposisi kimia: SiO2. NH2O hydrous silikon dioksida
Sistem kristal: amorf; ginjal-atau agregat berbentuk anggur
Hardness: 5.5-6.5 (skala Mohs)
Spesifik gravitasi: 1,98-2,50
Indeks bias: 1,37-1,52
Bias ganda: Tidak ada
Karakter Optik:
Lapisan warna: Putih,
Penyerapan spektrum: Fire opal: 700 – 640, 590-400
Fluorescence: White opal: putih, kebiruan, kecoklatan, kehijauan; Fire opal: kehijauan menjadi cokelat


Zodiak, Mitos & Legenda

Nama Opal mungkin berasal dari bahasa Sansekerta “upala”, yang mempunyai arti “watu berguna”. Kemungkinan besar pula ialah akar dari istilah Yunani “opallios”, yang diterjemahkan sebagai “pergantian warna”. Pada zaman Romawi antik terdapat “opalus”, adalah “batu dari beberapa unsur”.

Pliny, penulis Romawi terkenal, menyebut Opal sebagai permata yang menggabungkan karakteristik terbaik dan terindah dari semua kerikil permata: percikan halus Almandine, ungu yang bersinar dari Amethyst, emas Topaz Kuning, dan biru dari Sapphire, sehingga semua warna bersinar dan berkilau bersama dalam kombinasi yang indah.

Untuk orang usia lanjut, mereka yakin pada kekuatan penyembuhan Opal. Batu ini dilaporkan dapat memecahkan tertekan dan membantu pemakainya mendapatkan cinta sejati dan nyata.

Opal yaitu birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Oktober.

Sumber: GemSelect

seorang buruh yang kini kepincut dengan dunia blogging